Agar Tetap Akurat, Padang Panjang Tera Ulang Timbangan Pedagang

id tera ulang timbangan

Agar Tetap Akurat, Padang Panjang Tera Ulang Timbangan Pedagang

Petugas sedang melakukan tera ulang alat ukur dan timbangan di Padang Panjang, Senin (7/8). Tera ulang dilakukan untuk mengembalikan keakuratan alat ukur dan timbangan. (ANTARA SUMBAR/Zulham BK)

Padang Panjang, (Antara Sumbar) - Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM (Disperdagkop) Kota Padang Panjang, Sumatera Barat, melakukan tera ulang terhadap alat ukur pedagang dan kelompok usaha di daerah itu untuk mengembalikan keakuratannya.

"Tera ulang ini merupakan pengawasan terhadap alat ukur, timbangan, tera dan perlengkapan milik pedagang di Padang Panjang," kata Kepala Dinas Perdagkop Padang Panjang, Arpan di Padang Panjang, Senin.

Ia mengatakan, alat ukur yang dipakai pedagang dan kelompok usaha lainnya jika tidak memiliki keakuratan bisa merugikan pemilik alat ukur dan masyarakat.

"Alat ukur tidak akurat, pedagang dan konsumen yang menggunakan alat ukur bisa saja dirugikan dari segi jumlah beratnya," ujarnya.

Tera ulang yang dilakukan oleh Pemkot Padang Panjang itu tidak memungut biaya kepada pemilik alat ukur dalam melakukan perbaikan.

Kegiatan yang dipusatkan di salah satu lokasi di samping pasar tradisional Padang Panjang itu mendapat sambutan baik dari para pedagang atau masyarakat lainnya yang mempergunakan alat ukur.

"Antusias masyarakat cukup bagus, karena manfaat dari tera ulang ini akan mengembalikan keakuratan timbangan dan alat ukur sesuai dengan standar dan peralatan yang berlaku," sebutnya.

Tera ulang alat ukur tersebut, kata dia, akan berlangsung lima hari kedepan. Diharapkan partisi masyarakat yang memiliki alat ukur untuk melakukan tera ulang.

Alat ukur yang akan ditera tersebut seperti meteran, takaran kering, takaran basah, anak timbangan, timbangan sentisimal, timbangan desimal, timbangan meja, dacin logam, timbangan pegas.

Kemudian, neraca, timbangan kuadran atau surat, timbangan cepat, timbangan bobotingsut dan pemaras.

Pedagang di Pasar tradisional Padang Panjang merasa terbantu dengan adanya tera ulang yang dilakukan oleh pemerintah setempat.

"Kami merasa terbantu dengan adanya tera ulang yang dilakukan pemerintah ini, sehingga keakuratan alat ukur bisa terjaga," kata Peri salah seorang pedagang barang harian di Padang Panjang. (*)