Bukittinggi Perbaiki Pertokoan Pasar Atas Agustus 2017

id Pasar Atas

Bukittinggi Perbaiki Pertokoan Pasar Atas Agustus 2017

Pusat pertokoan Pasar Atas Bukittinggi yang direncanakan diperbaiki pemerintah setempat pada pertengahan Agustus 2017. (ANTARA SUMBAR/ Ira Febrianti)

Bukittinggi, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar), akan melakukan perbaikan pusat pertokoan Pasar Atas yang dijadwalkan pada pertengahan Agustus 2017.

Kepala Bidang Pasar, Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan setempat Herman di Bukittinggi, Jumat mengatakan, perbaikan dilakukan sebagai bentuk layanan bagi pedagang atas kontribusi membayar retribusi.

"Pedagang sudah membayar retribusi maka pemerintah berkewajiban menyediakan pasar yang layak dan nyaman untuk berjualan," katanya.

Di samping itu, perbaikan pusat bertokoan yang lokasinya berhadapan dengan objek wisata Jam Gadang itu juga dilakukan untuk meningkatkan daya tarik sehingga menambah kenyamanan pembeli saat berbelanja.

Ia menerangkan perbaikan dilakukan pada bagian tampak depan dan samping bangunan, penggantiaan dua tiang utama dan perbaikan atap yang akan dibuat bergonjong sesuai rumah adat Minangkabau.

"Pertengahan Agustus 2017 ini akan dilakukan pemagaran untuk bagian yang akan diperbaiki. Semuanya memakan biaya mencapai Rp1 miliar dan masa perbaikan 120 hari," jelasnya.

Sementara bagi pedagang kaki lima yang biasa berjualan di pelataran depan pusat pertokoan, pihaknya telah memberikan sosialisasi agar menghentikan jual beli di area itu selama masa perbaikan.

Herman menjelaskan pelataran pusat pertokoan itu adalah jalan umum dan seharusnya pedagang kaki lima memang tidak dibenarkan berdagang di area itu.

Sehingga sebagai rencana jangka panjang perlu perbaikan Pasar Aur Tajungkang di Pasar Bawah sebagai lokasi pedagang kaki lima berjualan.

"Semua pembenahan dilakukan bertahap. Pada 2018 memang sudah direncanakan perbaikan untuk Pasar Bawah," katanya.

Perbaikan di pusat pertokoan Pasar Atas, menurutnya dapat dijadikan sebagai bentuk dukungan terpilihnya pasar itu sebagai nominasi wisata belanja terpopuler Anugerah Pesona Wisata 2017.

"Dengan perbaikan ini, tampilan pertokoan yang lebih modern kami berharap akan meningkatkan ekonomi di daerah serta mendukung pariwisata," katanya. (*)