Wako: Adipura Motivasi untuk Berinovasi Lebih Banyak

id Piala adipura

Wako: Adipura Motivasi untuk Berinovasi Lebih Banyak

Jajaran Forkopimda Bukittinggi foto bersama Piala Adipura dan Nirwasita Tantra. (Antara Sumbar/Ira F)

Bukittinggi, (Antara Sumbar) - Wali Kota Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar), M Ramlan Nurmatias mengharapkan penghargaan Adipura yang baru diraih daerah itu menjadi motivasi untuk berinovasi lebih banyak dibidang lain.

"Bagi semua perangkat daerah, kami harap Adipura menjadi motivasi menciptakan inovasi sehingga tidak hanya dibidang kebersihan saja yang berprestasi," katanya dalam acara penyambutan Adipura di Bukittinggi, Kamis.

Menurutnya keberhasilan mempertahankan penghargaan itu didorong oleh komitmen bersama untuk menjaga kebersihan kota.

Di samping Adipura, wali kota memperoleh penghargaan Nirwasita Tantra bersama dua wali kota lain yaitu Surabaya dan Balikpapan.

Penghargaan itu diberikan karena kepala daerah karena telah menerapkan kebijakan atau program kerja dengan prinsip pembangunan memperbaiki kualitas lingkungan hidup.

Pemerintah setempat menggelar kegiatan sebagai bentuk penyambutan piala tersebut dan apresiasi bagi petugas kebersihan.

Piala Adipura diarak keliling kota sebagai bentuk pengingat bagi warga agar konsisten dan membudayakan menjaga kebersihan sedangkan bagi petugas kebersihan, melalui Dinas Kesehatan melaksanakan pemeriksaan kesehatan di pelataran objek wisata Jam Gadang.

Tokoh masyarakat setempat, Datuk Pangulu Basa menyampaikan apresiasinya terhadap kebijakan yang ditetapkan pemerintah untuk menciptakan kota bersih.

Di sisi lain, dirinya mengharapkan pemerintah melakukan pembenahan dibidang lain agar memperoleh penghargaan pula.

"Misalnya untuk kondisi Pasar Atas dan Pasar Bawah, kami harapkan perhatian pula. Pasar yang lebih tertata jelas akan menjadi tambahan prestasi bagi Bukittinggi," katanya. (*)