TIM BPBD Pasaman Barat Mulai Bersihkan Material Longsor

id longsor

TIM BPBD Pasaman Barat Mulai Bersihkan Material Longsor

Seorang warga ikut membersihkan material longsor yang menutupi badan jalan menuju Jorong Sitabu Kecamatan Gunung Tuleh. Longsor itu mengakibatkan akses transportasi menuju Jorong Sitabu putus total sejak Rabu (2/8). (ANTARA SUMBAR/Altas Maulana)

Simpang Empat, (Antara Sumbar) - Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) mulai membersihkan material longsor yang menutupi jalan menuju Jorong Sitabu Nagari Rabijonggor Kecamatan Gunung Tuleh, Kamis (3/8).

"Benar, hari ini BPBD bersama Dinas Pekerjaan Umum, kepolisian, TNI, pihak kecamatan dan masyarakat mulai membersihkan material longsor," kata Kepala BPBD Pasaman Barat, Try Wahliyo di Simpang Empat, Kamis.

Ia mengatakan material longsor yang terdiri dari berbatuan, tanah dan pepohonan harus segera dibersihkan karena akses transportasi menuju Jorong Sitabu putus total.

"Daerah itu terisolasi sejak Rabu (2/8) malam. Kita sedang berupaya membersihkan material longsor dengan cepat," ujarnya.

Ia menyebutkan material longsor yang menutupi badan jalan mencapai 20 meter pada Rabu (2/8). Selain itu badan jalan di sekitar longsor juga ada yang amblas.

Menurutnya longsor disebabkan curah hujan yang tinggi pada Rabu (2/8) sore. Tidak ada korban jiwa pada musibah itu.

Salah seorang warga, Sunni mengatakan lokasi tanah longsor itu berada sekitar 150 meter dari Jembatan Sungai Muaro Tabu dari arah Rabijonggor menuju Sitabu.

Ia berharap Pemkab Pasaman Barat segera menurunkan alat berat untuk membersihkan material longsor agar kendaraan bisa kembali melewati jalan itu.

"Bantuan harus segera diberikan karena akses transportasi menuju daerah itu hanya di lokasi itu," katanya.

Ia menyebutkan sebelum terjadi longsor memang terjadi hujan lebat mengguyur daerah itu. Tidak ada korban jiwa akibat longsor tersebut. (*)