Wako Padang Jadikan Adipura Awal Bangun Masyarakat Budaya Bersih

id Mahyeldi

Wako Padang Jadikan Adipura Awal Bangun Masyarakat Budaya Bersih

Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah. (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Wali Kota (Wako) Padang, Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah mengatakan raihan penghargaan Adipura kepada daerah yang dipimpinnya pada Rabu, akan dijadikan motivasi untuk warga memperkuat budaya bersih.

"Setelah penghargaan ini tiba di Padang, sudah seharusnya semua warga mengimplementasikan kebersihan dalam kehidupan sehari-hari," katanya di Padang, Rabu.

Sebelum Adipura ini diraih, tambahnya baik pemerintah dan warga telah berupaya mewujudkan budaya bersih tersebut melalui berbagai program lingkungan.

Misalnya relawan kebersihan, program BBGRM, bersih pantai dan pengaturan jadwal pembuangan sampah.

Dengan diraihnya Adipura ini, ujarnya upaya tersebut lebih ditingkatkan.

Dalam hal ini, lanjut dia masyarakat menyadari arti dari penghargaan Adipura sebagai bukti bahwa masyarakat cinta lingkungan dan kebersihan.

Dengan kata lain, terang Mahyeldi masyarakat tidak dibenarkan membuang sampah di sembarang tempat seperti sungai, selokan, jalan, dan fasilitas umum lainnya.

Kemudian masyarakat bisa berpartisipasi dalam melakukan pembersihan fasilitas umum seperti tempat wisata dan tempat ibadah.

"Untuk memperkuat implementasi tersebut kami akan jadikan semua ASN yang ada sebagai relawan kebersihan," sebutnya.

Nantinya, tambahnya ASN menjadi pionir sekaligus contoh bagi warga dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Sementara berkaitan dengan Piala Adipura yang kembali diraih Padang, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Al Amin menyebutkan akan mengarak piala tersebut pada Jumat (4/8).

Menurut rencana ini dilakukan untuk memberikan kebanggaan sekaligus menggugah kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungannya.

Nantinya kata Al Amin akan digelar pesta rakyat untuk menyambut Adipura tersebut kembali ke tangan Padang.

Di samping meraih Adipura katanya, enam sekolah Padang juga dinobatkan penghargaan Adiwiyata Mandiri.

Keenam sekolah tersebut yakni SD Bustanul Ulum Semen Padang, SMPN 25 Padang, MTsN Durian Taruang, SMAN 11 Padang, SMA Adabiah 2 dan MAN 1 Padang. (*)