Pemerintah Upayakan Kaba Festival Berlanjut

id Kaba

Pemerintah Upayakan Kaba Festival Berlanjut

Kaba Festival 4. (*ist)

Padang, (Antara Sumbar) - Direktur Hubungan Antarlembaga Dalam Negeri Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Hassan Abud mengatakan akan mengupayakan agar pertunjukkan budaya "Kaba Festival" dapat berlanjut menjadi kegiatan rutin.

Hal tersebut disampaikannya dalam pembukaan Kaba Festival 4 yang digelar pada tanggal 2 hingga 5 Agustus 2017 di Taman Budaya Sumatera Barat.

"Tentunya kita semua berharap agar kegiatan ini akan terus berlanjut, tidak hanya sampai pada Kaba Festival 4 saja," katanya di Padang, Rabu malam.

Ia menyebutkan melalui kegiatan ini dapat dilihat bahwa seni pertunjukan bisa dapat eksis dan dapat dinikmati oleh para penonton.

Selain itu pada ajang Kaba Festival juga dapat bersilaturahmi dan saling bertukar fikiran karena peserta kegiatan ini berasal dari daerah yang berbeda-beda.

"Pada dasarnya, festival kaba ini merupakan salah satu ajang untuk memeperkenalkan serta memperlihatkan eksistensi kesenian kita pada dunia," ujarnya.

Ia menambahkan hingga saat ini festival sudah cukup berhasil dalam upaya untuk menfasilitasi pementasan berbagai macam seni pertunjukan, buktinya pada 2017 ini sudah sampai pada festival yang keempat.

"Setelah ini kita tetap menunggu adanya Festival Kaba kelima, keenam, ketujuh kedelapan dan kaba seterusnya," katanya.

Sementara itu Dewan Kurator Festival, Ery Mefri mengatakan melalui kegiatan ini pihaknya juga ingin menggairahkan Taman Budaya Sumbar.

"Dalam kegiatan akan ada 4 negara yang akan berpartisipasi, selain Indonesia adalah Belanda, Taiwan dan Jepang," katanya.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Taman Budaya Sumbar, Muasri menyambut baik kegiatan kesenian yang berskala internasional ini.

"Agar Kaba Festival dapat berjalan lancar maka kami dari pihak Taman Budaya juga berupaya untuk memberikan fasilitas yang dibutuhkan," ujarnya. (*)