Legislator Minta Pemkab Solok Selatan Tuntaskan Perbaikan Jalan Untuk TdS

id Tour de singkarak

Legislator Minta Pemkab Solok Selatan Tuntaskan Perbaikan Jalan Untuk TdS

Event Tour de Singkarak (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Anggota DPRD Sumatera Barat asal daerah pemilihan Solok Sabrana mengatakan Kabupaten Solok Selatan harus menyelesaikan perbaikan jalan di kabupaten itu agar dapat dilalui ajang balap sepeda internasional Tour de Singkarak (TdS) 2018.

"Secara keseluruhan jalan di Solok Selatan sudah memadai, namun jalan di perbatasan Kabupaten Solok dengan Kabupaten Solok Selatan yang rusak sehingga tidak dapat dilalui iven itu dalam beberapa tahun terakhir," kata dia di Padang,

Ia mengatakan saat ini perbaikan jalan dari Lubuk Selasih Kabupaten Solok menuju daerah Solok Selatan telah dialihkan kepada Pemerintah Pusat, sehingga pemerintah kabupaten harus lebih giat melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat agar Solsel dapat dilalui ajang itu.

Menurutnya kehadiran TdS di Solok Selatan akan merangsang pertumbuhan ekonomi masyarakat terutama dalam penjualan kerajinan tangan dan kuliner khas kabupaten itu.

Ia mengatakan rusaknya jalan di perbatasan tersebut disebabkan karena banyaknya aktivitas tambang di lokasi itu sehingga perbaikan jalan pasca banjir bandang masih belum maksimal.

"Jika tidak ada kordinasi yang serius antara Pemerintah Daerah dengan Pemerintah Pusat , maka Kabupaten Solok Selatan akan kembali menjadi penonton kegiatan tahunan ini" katanya.

Sementara Ketua Komisi IV DPRD Bidang Pembangunan M. Nurnas mengatakan perbaikan jalan lintas dari Lubuk Selasih menuju Solok Selatan itu sudah kerap diajukannya dalam berbagai pertemuan dengan pemprov, terutama saat rapat persiapan Lebaran 1438 Hijriah.

"Namun hingga saat ini belum ada langkah maksimal dilakukan pihak terkait untuk merealisasikan pekerjaan itu," ujar dia.

Sebelumnya Bupati Kabupaten Solok Selatan Muzni Zakaria mengatakan sudah perjuangkan perbaikan jalan di Lubuk Selasih Kabupaten Solok menuju daerah Solok Selatan ke Kementerian dan juga ke Balai Jalan Nasional.

Muzni mengatakan masyarakat Solok Selatan sangat ingin kegiatan TdS ini melalui kampung halaman mereka. Karena melalui kegiatan itu, objek wisata dan keindahan yang ada di Solok Selatan bisa dikenal secara luas.

"Kita memliki berbagai destinasi wisata seperti Saribu Rumah Gadang dan Saribu Air Terjun, seharusnya ini dapat terekspos maksimal apabila perhelatan internasional ini dapat digelar di Solok Selatan," kata dia. (*)