Bupati Ingatkan Calon Haji Jangan Terburu-buru Beribadah

id Calon haji solok selatan

Bupati Ingatkan Calon Haji Jangan Terburu-buru Beribadah

Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria (tengah baju putih) foto bersama dengan calon haji 2017. (ANTARA SUMBAR/Erik Ifansyah Akbar)

Padang Aro, (Antara Sumbar) - Bupati Solok Selatan, Sumatera Barat Muzni Zakaria mengingatkan calon haji asal daerah itu untuk tidak terburu-buru melaksanakan setiap rangkaian haji di tanah suci, agar ibadah yang dilakukan sempurna dan khusuk.

"Untuk dapat pergi ke Mekah itu susah maka kesempatan yang ada ini lebih baik digunakan untuk menyempurnakan ibadah, jangan dilakukan terburu-buru," kata dia saat pelepasan rombongan calon haji Solok Selatan di aula Sarantau Sasurambi Padang Aro, Rabu.

Dia mengatakan, untuk pergi haji sekarang harus menunggu lama karena kuota haji yang terbatas. Untuk yang mendaftar sekarang baru bisa berangkat pada 2034 sehingga kita yang dapat kesempatan tahun ini harus memanfaatkannya dengan baik," ujarnya.

Selain itu calon haji diimbau agar melaksanakan semua rangkaian ibadah yang sudah dipelajari, tetapi jangan memaksakan diri.

"Kalau bisa semua ibadah dilakukan tentu lebih baik, tetapi jangan memaksakan diri supaya kesehatan tetap terjaga," kata dia.

Yang tidak kalah penting katanya, calon haji harus menjaga jam istirahat, tidur dan makan sehingga fisik kuat saat melakukan ibadah haji.

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama Solok Selatan Sahrul M mengatakan persiapan 32 calon haji sudah matang, tetapi tetap harus mengikuti aturan.

"Manasik haji yang dilaksanakan sebagai persiapan berjalan lancar, tetapi saat sampai di tanah suci harus tetap mengikuti aturan agar ibadahnya lancar," ujarnya.

Ia berpesan agar calon haji mempersiapkan diri dengan ilmu yang dimiliki, dan saat berangkat siapkan mental karena banyak rintangan yang akan dilalui.

Selain itu kata dia, calon haji jangan memaksakan diri untuk beribadah di masjid Madinah karena itu hanya sebagai pelengkap.

Perwakilan IPHI Solok Selatan Darwis mengatakan, calon haji harus menjaga kesehatan supaya semua ibadah baik wajib maupun sunat bisa dilaksanakan.

"Menjalankan ibadah haji membutuhkan fisik prima sehingga calon haji harus menjaga kesehatan," ujarnya.

Selain itu kata dia, calon haji harus menjaga kebersamaan dalam menjalankan ibadah. (*)