Rabu, 18 Oktober 2017 - 28 Muharram 1439 H

Peningkatan Permintaan Avtur DPPU BIM 375 Persen

Operation Head Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Sumatera Barat, Ridwan. (ANTARA SUMBAR/Joko Nugroho)
Padangpariaman, (Antara Sumbar) - Peningkatan permintaan bahan bakar pesawat di Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Pertamina Bandara Internasional Minangkabau, Sumatera Barat, selama musim haji tahun ini mencapai 375 persen per hari dari 120 kiloliter menjadi 450 kiloliter.

"Selain melayani pemberangkatan haji dari Sumbar, kami juga melayani transit dari Solo, Balikpapan dan Lombok. Transit setiap hari, " ujar Operation Head DPPU BIM Sumbar Ridwan di Padangpariaman, Rabu.

Ia menyebutkan dalam sehari, DPPU BIM melayani 36 penerbangan dengan rincian 30 penerbangan dosmetik dan enam penerbangan haji.

Sementara selama pemberangkatan haji, DPPU BIM melayani 134 penerbangan haji yang meliputi Embarkasi Padang sebanyak 16 kelompok terbang, Embarkasi Solo 95 kloter, Balikpappan 13 kloter dan Embarkasi Lombok 10 penerbangan. Sementara pada tahun lalu sebanyak 107 penerbangan.

Dalam melayani peningkatan konsumsi avtur tersebut, Sumbar mendapat penambahan bantuan kapal tangker satu unit, yang sebelumnya hanya satu yang bersandar di Teluk Kabung, Padang. Kapasitas kapal tangker 3.500 kiloliter.

Selain itu juga mendapatkan tambahan tangki pengangkut dan pengisi bahan bakar dari Bali, Jakarta dan Dumai.

"Selama musim haji, Pertamina sudah menyiapkan sarana dan fasilitas, penyediaan penambahan stok avtur serta tenaga SDM Operator yang berpengalaman untuk melayani penerbanhan haji," ujarnya.

Ia menyebutkan pada musim pemberangkat haji tahun ini, DPPU BIM merupakan yang terbanyak melayani permintaan avtur.

Sementara untuk fase kedua atau kepulangan haji pada 5 hingga 23 September diperkirakan kenaikan pelayanan avtur sebesar 44 persen, dari normal 125 kiloliter per hari menjadi 180 kiloliter per hari.

Secara umum tahun 2017 diestimasi terjadi peningkatan avtur sebesar 25 persen dari tahun 2016. Tahun lalu pelayanan sebanyak 7.564 kiloliter dan tahun 2017 diperkirakan 9.432 kiloliter.

Sementara Fitri Erika, Area Manager Communication and Relations Pertamina Sumbagut, menyebutkan selain DPPU BIM, Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I menyediakan layanan avtur untuk penerbangan haji di DPPU Sultan Iskandar Muda Aceh, DPPU Kuala Namu Medan dan DPPU Hang Nadim di Batam.

Pada pemulangan haji, sebutnya peningkatan permintaan avtur terbanyak di DPPU Sultan Iskandar Muda Aceh mencapai 100 persen, dari kebutuhan harian 65 kiloliter jadi 130 kiloliter.

Ia menyebutkan penyebab kenaikan tersebut karena ada transit dari Banjarmasin, selain 11 kloter dari Aceh. (*)




Editor : Mukhlisun

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Ikhwan Wahyudi
Padang, (Antara Sumbar) -Waktu menunjukan pukul 06.50 WIB saat bunyi bel memecah keceriaan pagi di SD Bustanul Ulum yang ...
Baca Juga