Organisasi Wartawan Bantu Korban Kebakaran Dharmasraya

id Kebakaran, Dharmasraya

Organisasi Wartawan Bantu Korban Kebakaran Dharmasraya

Ilustrasi - (Antara Sumba/Zulham Beni)

Pulau Punjung, (Antara Sumbar) - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Perwakilan Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat (Sumbar) memberikan bantuan kepada korban bencana kebakaran Pasar Lama Pulau Punjung.

Ketua PWI Dharmasraya, Maryadi di Pulau Punjung, Selasa, mengatakan bantuan yang diserahkan berupa pakaian anak-anak dan orang dewasa itu diharapkan dapat meringankan beban masyarakat yang sedang tertimpa musibah.

"Ini merupakan bentuk kepedulian sosial rekan-rekan terhadap sesama manusia yang sedang mengalami musibah, kami berharap dapat dimanfaatkan para korban meskipun jumlahnya tidak seberapa," ujarnya.

Ia menambahkan para wartawan dari berbagai media cetak, elektronik, dan televisi itu akan kembali menggalang dana untuk para korban.

"Nanti kalau sudah terkumpul kami akan menyerahkan lagi. Untuk saat ini kami berikan apa yang dapat dibantu dulu," lanjutnya.

Wali Nagari IV Koto Pulau Punjung, Kecamatan Pulau, David Efendi, mengemukakan hingga kini bantuan terus mengalir bagi korban kebakaran baik bari pemerintah Kabupaten Dharmasraya, swasta, organisasi masyarakat, dan para donatur.

"Alhamdulillah bantuan terus berdatangan, ada yang berupa uang, pakaian, logistik, dan alat tulis, termasuk pendirian dapur umum dari Dinas Sosial dan tenda pengungsi dari BPBD," jelasnya.

Ia menambahkan selaku pemerintah nagari mewakili masyarakat mengucapkan terima ke pada PWI dan IJTI dan yang telah menyalurkan bantuan untuk korban.

Secara terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, Suwandi menjelaskan langkah tanggap darurat yang dilakukan yaitu dengan mendirikan satu unit tenda pengungsian dan mendirikan posko bantuan di sekitar lokasi kejadian.

"Kami hanya mengambil langka tanggap darurat seperti membantu proses evakuasi, serta mendirikan satu unit tenda pengungsian, terkait jumlah kerugian didata instansi terkait," sebutnya.

Sebelumnya, sebanyak 15 unit rumah di Pasar Lama Pulau Punjung, Nagari IV Koto Pulau Punjung, Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, ludes terbakar pada Sabtu (29/7) sekitar pukul 18.30 WIB.

Tidak ada korban jiwa akibat peristiwa tersebut. Namun kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah. (*)