Unand Kirim 47 Mahasiswa Belajar ke Mancanegara

id Unand

Unand Kirim 47 Mahasiswa Belajar ke Mancanegara

Kampus Unand. (ANTARA SUMBAR/Istimewa)

Padang, (Antara Sumbar) - Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat mengirim 47 orang mahasiswa untuk belajar dan kuliah ke beberapa perguruan tinggi di mancanegara.

"Sebanyak 47 mahasiswa itu akan mengikuti Program 'Student Mobility, Credit Earning, dan Summer Course'," kata Kepala UPT Layanan Internasional Unand Vonny Indah Mutiara, di Padang, Senin.

Dia menyebutkan Program "Student Mobility" diikuti sebanyak 28 orang mahasiswa strata satu yang sedang melaksanakan tugas akhir dan penelitiannya.

Mahasiswa tersebut mendapat kesempatan melakukan penelitian, mengambil data, dan hal lain yang mendukung penyusunan skripsi.

Semua mahasiswa itu, akan menimba ilmu di Jerman, Belanda, Polandia, Slovakia, Australia, Jepang, Korea Selatan, Vietnam, dan Malaysia.

"Program 'Credit Earning' diikuti sebanyak tujuh mahasiswa dengan tujuan menimba ilmu ke Gifu University, Kanazawa University, dan Perfectural University of Hiroshima, Jepang," katanya pula.

Dia menjelaskan, "Credit Earning" ini lebih pada kesempatan mahasiswa mengambil mata kuliah S-1 yang sama dan diakui oleh universitas asal selama satu semester.

Kemudian sistem "summer course", kata dia lagi, yaitu program kuliah singkat selama 10 hari ke perguruan tinggi mitra di luar negeri.

Program ini meliputi belajar budaya, bahasa negara tujuan, workshop, belajar di kelas, belajar di laboratorium, dan diskusi-diskusi akademis.

"Program ini berlangsung Juli hingga November, dan saat ini sudah ada dua mahasiswa ke Polandia," kata dia pula.

Bersamaan dengan itu, ujarnya, terus dilakukan pelatihan dan pengarahan program tersebut.

"Bagi Unand, tahun ini pesertanya mengalami penurunan dari tahun lalu mencapai 64 peserta," ujarnya. (*)