Bukittinggi Siapkan Kegiatan Sambut Adipura

id Supadria

Bukittinggi Siapkan Kegiatan Sambut Adipura

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Bukittinggi, Supadria (ANTARA SUMBAR/ Ira Febrianti)

Bukittinggi, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar), menyiapkan kegiatan menyambut Piala Adipura yang berhasil diraih daerah itu untuk kedua kalinya secara berturut-turut.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup setempat, Supadria di Bukittinggi, Jumat, mengatakan kegiatan penyambutan dilaksanakan pada Kamis (3/8) di Lapangan Wirabraja mulai pukul 14.00 WIB sepulang kepala daerah setempat menjemput penghargaan ke Jakarta pada Rabu(2/8).

"Setelah penyambutan dilanjutkan arak-arakan diiringi marching band menuju pelataran Jam Gadang dan di sana dilaksanakan kegiatan utama perayaan melibatkan semua petugas kebersihan," katanya.

Pada penyambutan, sebelum penghargaan sampai di Bukittinggi, juga dilakukan pengecekan kesehatan oleh Dinas Kesehatan bagi semua petugas kebersihan yang berjumlah lebih dari 200 orang mulai pukul 10.00 WIB.

Ia menjelaskan pada tahun ini penghargaan yang dianugerahkan berupa Adipura dan Adipura Kencana.

"Adipura Kencana bagi daerah yang memperoleh penghargaan sebanyak tiga kali. Bukittinggi memperoleh Adipura karena baru dua kali meraih piala tersebut," ujarnya.

Sebanyak 52 titik menjadi objek penilaian dalam penghargaan tersebut di antaranya lingkungan perumahan, pasar, terminal, saluran air, sekolah, failitas umum lainnya serta usaha pengelolaan sampah serta komitmen pemerintah kota dalam lingkungan hidup.

Kepala Bagian Humas Pemkot Bukittinggi, Yulman menambahkan informasi kepastian daerah itu kembali meraih Adipura setelah mendapat undangan dari Dirjen Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Beracun Berbahaya, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI pada Rabu(26/7).

Penyerahan penghargaan dijadwalkan pada 2 Agustus 2017 di Jakarta dalam acara Malam Anugerah Lingkungan memperingati puncak Hari Lingkungan Hidup 2017. (*)