Calon Haji Solok Menuju Embarkasi Padang 7 Agustus

id haji

Calon Haji Solok Menuju Embarkasi Padang 7 Agustus

Ilustrasi – Pemberangkatan haji. (Antara)

Solok, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota Solok, Sumatera Barat, akan memberangkatkan 111 calon haji asal daerah itu menuju Embarkasi Padang pada 7 Agustus 2017 untuk bergabung dengan kelompok terbang (kloter) 11 Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten Solok, dan Padang.

Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama setempat, Elta Suriati di Solok, Kamis, mengatakan setelah masuk asrama, maka esoknya pada 8 Agustus 2017 akan diberangkatkan menuju Jeddah dari Bandara Internasional Minangkabau (BIM).

Sesampai di embarkasi Padang, calon haji masih akan mengikuti pengecekan kesehatan, dan rangkaian prosedur lain seperti pembagian paspor dan 'boarding pass' baru esoknya diberangkatkan.

Ia menjelaskan dari 111 calon haji asal daerah itu terdiri dari 42 laki-laki dan 69 perempuan, termasuk petugas tim pemandu haji daerah (TPHD).

Calon haji tertua berjenis kelamin laki-laki berusia 80 tahun, dan termuda perempuan berusia 37 tahun.

Ia menyebutkan semua calon haji yang akan diberangkatkan telah siap baik fisik maupun mental, karena sebelumnya telah mengikuti manasik haji dari Kemenag pada 10-11 Juli 2017, dan dari KUA Kecamatan pada 15 hingga 23 Juli 2017.

Mengingat jadwal keberangkatan sudah semakin dekat, dan proses menjelang keberangkatan cukup memakan tenaga, diimbau kepada calon haji untuk memperhatikan kondisi tubuh dan asupan gizi, agar tetap sehat dan bugar saat menjalankan ibadah di tanah suci.

Kemudian petugas kloter dan TPHD diharapkan dapat memberikan pelayanan maksimal kepada para calon haji nantinya, memperhatikan kondisi fisiknya, ibadah dan kesehatan.

Para calon haji juga sebaiknya segera meminta bantuan kepada petugas jika menemukan kendala seperti masalah ibadah dan kesehatan.

Ia mengatakan untuk calon jamaah haji yang mendaftar pada tahun ini, akan mendapatkan jadwal keberangkatan pada tahun 2023. (*)