Tim Kesehatan Dinkes Dharmasraya Dampingi Calon Haji ke Asrama

id Haji

Tim Kesehatan Dinkes Dharmasraya Dampingi Calon Haji ke Asrama

(ANTARA FOTO/Septianda Perdana/ama/16)

Pulau Punjung, (Antara Sumbar) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat (Sumbar) akan mendampingi pemberangkatan 273 calon haji asal daerah itu menuju embarkasi di Kota Padang.

Kepala Dinkes Dharmasraya, Rahmadian di Pulau Punjung, Kamis, menyebutkan saat pendampingan tersebut pihaknya akan mengerahkan 18 tenaga kesehatan dan dua unit ambulans.

"Tenaga kesehatan sengaja disiagakan sebagai antisipasi jika dalam perjalanan menuju embarkasi tiba-tiba calon haji membutuhkan pertolongan darurat dapat ditangani secara cepat," ujarnya.

Ia menambahkan tim kesehatan juga akan mendampingi pemulangan jamaah haji dari embarkasi di Kota Padang kembali ke Dharmasraya.

Ia mengemukakan Dinkes Dharmasraya akan menempatkan dua tenaga medis di setiap bus yang mengantarkan calon haji guna memudahkan pemantauan.

"Informasi sementara yang kami dapat jumlah angkutan yang mengantar calon haji sebanyak tujuh bus, jadi yang empat lagi akan berada di mobil ambulans," lanjutnya.

Sebelumnya Kasi Penyelenggara Haji Dan Umrah Kantor Kementerian Agama Dharmasraya, Suhardi mengemukakan pemberangkatan calon haji daerah itu tergabung pada kelompok terbang (kloter) 10 bersama Kota Padang, Kota Sawahlunto, dan Kabupaten Solok Selatan.

Ia mengatakan calon haji asal daerah itu masuk embarkasi di Kota Padang pada 6 Agustus 2017, lalu diterbangkan ke Madinah 7 Agustus.

"Jadwal keberangkatan dan kloter sudah diputuskan kementerian agama wilayah Sumbar, jadi calon jamaah tinggal menunggu hari H," ujar dia.

Ia menambahkan pemberangkatan calon haji dijadwalkan akan dilepas secara resmi oleh Bupati Sutan Riska pada 1 Agustus 2017 sekaligus penutupan pelaksanaan manasiak mandiri dan gabungan.

Wakil Bupati Dharmasraya, Amrizal berpesan calon haji diminta selalu mempersiapkan fisik dengan sebaik mungkin karena sebagaimana diketahui ibadah haji merupakan rangkaian ibadah yang cukup berat. (*)