Wagub Sumbar Optimistis TdS Lintasi Solok Selatan

id TdS, Nasrul Abit

Wagub Sumbar Optimistis TdS Lintasi Solok Selatan

Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit (tiga kiri) saat berbincang dengan Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria (dua kiri) di sela-sela rapat koordinasi persiapan TdS 2017 di Padang, Rabu. (ANTARA SUMBAR/Humas Setdakab Solok Selatan)

Padang, (Antara Sumbar) - Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Barat (Sumbar), Nasrul Abit optimistis Tour de Singkarak (TdS) tahun 2017 akan melewati Kabupaten Solok Selatan, setelah belum adanya kepastian event tahunan itu akan melintasi daerah tersebut karena masalah jalan.

Ketika rapat koordinasi TdS 2017 di Padang, Rabu, Nasrul menginstruksikan agar dinas terkait segera menulis surat resmi ke Balai Jalan Nasional di Sumbar agar dilakukan percepatan perbaikan jalan menuju Padang Aro, Solok Selatan.

"Komunikasi terus, kami akan segera tulis resmi ke balai jalan nasional kalau jalan belum perbaikan," ujarnya.

Dalam rapat lanjutan TdS 2017 yang diikuti oleh kepala daerah, ketua DPRD, kepala Dinas Pariwisata se-Sumbar itu, ia mengatakan jika belum bisa dilakukan perbaikan secara keseluruhan, setidaknya jalan yang berlubang bisa diperbaiki sebelum TdS diselenggarakan.

TdS akan diselenggarakan pada 10 hingga 18 Oktober 2017 dengan "grand start" di Kabupaten Tanah Datar dan "grand finish" di Kota Bukittinggi.

Sementara survei jalur TdS akan dilakukan pada 3 sampai 12 Agustus 2017.

Wagub berharap agar kepala daerah bisa mendampingi tim survei dan langsung meminta keputusan apakah jalan tersebut layak untuk ditempuh TdS atau tidak.

Sementara itu Bupati Solok, Muzni Zakaria mengatakan beberapa upaya telah dilakukan pemerintah setempat agar TdS melintasi kabupaten pemekaran tersebut.

Diantaranya, sebutnya beberapa waktu lalu dirinya bersama dengan Pemkab Solok dan Kerinci mendatangi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) agar bisa mempercepat perbaikan jalan menuju Solok Selatan.

"Alhamdulillah Dirjen Kemenpupera telah merespon. Insya Allah dalam waktu dekat akan dipercepatan perbaikan jalan menuju Solok Selatan," katanya. (*)