Masyarakat Diminta Manfaatkan Program Kampung KB

id Kampung KB, Syahiran

Masyarakat Diminta Manfaatkan Program Kampung KB

Bupati Pasaman Barat, Syahiran saat meresmikan Kampung KB Jorong Timbo Abu Kajai Kecamatan Talamau, Selasa (25/7). (ANTARA SUMBAR/Altas Maulana)

Simpang Empat, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, meminta masyarakat memanfaatkan program Kampung Keluarga Berencana untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat.

"Program ini bagus dan harus dimaksimalkan. Jangan hanya sekadar program saja. Masyarakat harus bisa memanfaatkannya," kata Bupati Pasaman Barat, Syahiran usai meresmikan Kampung KB di Jorong Timbo Abu Nagari Kajai Kecamatan Talamau, Selasa (25/7).

Ia mengatakan pencanangan Kampung KB di Timbo Abu merupakan yang ke-6 di Pasaman Barat. Sebelumnya sudah diresmikan Jorong Bandarejo Kecamatan Luhak nan Duo, Jorong Pondok Kecamatan Sasak Ranah Pasisia, Jorong Katiagan, Kecamatan Kinali, Jorong Sikilang Kecamatan Sungai Aua dan Jorong Sikabau Kecamatan Koto Balingka.

Ia menargetkan pencanangan Kampung KB ditargetkan rampung hingga akhir tahun pada sebelas Kecamatan yang ada.

"Kampung KB adalah inovasi strategis dalam upaya mengimplementasikan program KB secara utuh. Untuk itu kita targetkan Kampung KB akan sukses di Pasaman Barat dan akan dirampungkan pencanangannya sebelum akhir tahun," ujarnya.

Menurutnya, pencanangan Kampung KB di Jorong Timbo Abu diharapkan dapat memacu laju pembangunan berbagai aspek di daerah tersebut seperti peningkatan kualitas pendidikan, kesehatan dan infrastruktur lainnya.

"Kepada kepala Dinas PU Pasaman Barat saya instruksikan agar menyelesaikan akses jalan di Jorong Timbo Abu. Masyarakat di sini pantas menikmati sarana dan prasarana jalan yang lebih layak," katanya.

Ia menjelaskan pencangan kampung KB hendaknya dapat terlaksana dengan baik di jorong Timbo Abu demi kesejahteraan masyarakat dan peningkatan kualitas hidup masyarakat setempat.

Sementara itu, Wali Nagari (kepala desa) Kajai, Yulisman berharap dukungan semua semua stakeholder dan instansi terkait dalam menyukseskan Kampung KB di kejorongan tersebut.

"Dengan telah dicanangkannya kampung KB di sini, dapat membawa perobahan dan peningkatan sarana pendidikan, kesehatan serta kebutuhan masyarakat lainnya," katanya. (*)