Kaba Festival 4 Libatkan Seniman Luar Negeri

id Kaba Festival 4

Padang, (Antara Sumbar) - Kaba Festival 4 akan melibatkan seniman dari beberapa negara yang akan digelar mulai dari 2 hingga 5 Agustus 2017 di Padang, Sumatera Barat.

Direktur Kaba Festival Angga Djamar di Padang, Selasa mengatakan festival kali ini akan digelar pada dua tempat, yaitu Taman Budaya Sumatera Barat (TBSB) dan Ladang Tari Nan Jombang.

"Selain seniman yang ada di Sumbar dan Indonesia, festival kali ini akan mengikutkan seniman dari luar negeri," katanya.

Ia menyebutkan seniman yang berasal dari luar negeri tersebut adalah Gerard Mosterd dari Belanda, Natural Dance Theatre dari Jepang, dan Delphine Mei & Artist Dadadaiii dari Taiwan.

Sementara itu peserta yang berasal dari dalam negeri adalah PLT Laksemana dari Pekanbaru, Rianto dari Solo, Lembaga Teater Selembayung dari Pekanbaru, Miroto dari Yogyakarta dan Mugiyono dari Solo.

"Selain itu tentu saja ada peserta yang berasal dari Sumbar yaitu Asa Etnica dari Padang Panjang, dan Komunitas Seni Nan Tumpah dari Padang," katanya.

Ia menambahkan para peserta itu nantinya akan didampingi oleh para anggota Galombang Minangkabau selaku tuan rumah Kaba Festival, yaitu Joni Andra dengan Impessa Dance Company, S Metron M dengan Ranah Performing Arts Company dan Nan Jombang Dance Company.

Sementara itu kurator Kaba Festival, Eri Mefri mengatakan kehadiran ketiga peserta dari luar negeri ini semakin mengukuhkan tujuan dan cita-cita dari Kaba Festival itu sendiri, yang bertumpu dan menitik dari proses.

Ia menyebutkan estetika dan etika Minangkabau yang menjadi landasan dan pijakan proses dari Kaba Festival nantinya akan lebih terlihat dengan adanya para peserta tamu baik itu dari dalam maupun dari luar negeri. (*)