Enam Kabupaten/Kota yang Disiapkan sebagai Kawasan Metropolitan

id Irwan Prayitno, Kawasan Metropolitan

Enam Kabupaten/Kota yang Disiapkan sebagai Kawasan Metropolitan

Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno.

Padang, (Antara Sumbar) - Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) menyiapkan enam kabupaten dan kota di provinsi itu untuk dikembangkan menjadi kawasan metropolitan.

"Enam kabupaten dan kota ini akan saling dukung untuk mewujudkan pembangunan terpadu kawasan," kata Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno di Padang, Senin.

Enam kabupaten dan kota yang terlibat tersebut adalah Bukittinggi, Agam, Payakumbuh, Limapuluh Kota, Padang Panjang, dan Tanah Datar atau disingkat Bukapalipatar.

Secara geografis, enam daerah tersebut memang terletak dalam satu kawasan. Bukittinggi berada di tengah-tengah Kabupaten Agam, Payakumbuh di tengah kabupaten Limapuluh Kota dan Padang Panjang di tengah Kabupaten Tanah Datar.

Mewujudkan pembangunan terpadu tersebut, Pemerintah Provinsi Sumbar menfasilitasi penandatanganan kesepahaman antara enam kepala daerah itu di Padang, Senin.

"Pascakesepahaman ini, segera dibentuk tim penyusunan perencanaan Bukapalipatar dengan Surat Keputusan (SK) gubernur. Tiap daerah diminta mengusulkan nama pegawai yang akan menjadi bagian tim itu," tambahnya.

Tim itu nanti akan menyusun tekhnis kegiatan pembangunan yang terkoneksi antar daerah. Anggaran yang digunakan difokuskan pada APBD Provinsi dan kabupaten/kota.

"Kita juga akan usulkan proposal bantuan pada pemerintah pusat melalui APBN. Tetapi kapan realisasinya tidak bisa ditargetkan," ujarnya.

Pada tahap awal program pembangunan tersebut akan difokuskan pada infrastruktur yang saling tersambung dan menunjang antara masing-masing kabupaten dan kota.

Selanjutnya akan diteruskan pada program lain seperti pariwisata, pendidikan, dan kesehatan.

Penandatanganan nota kesepakatan tersebut ditandatangani oleh Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi, Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi, Wakil Bupati Agam Trinda Farhan, Wakil Walikota Bukittinggi Irwandi, serta perwakilan Pemda Limapuluh Kota dan Padang Panjang. (*)