Pemkot Padang Tingkatkan Kebersihan Pasar Raya

id Pasar Raya Padang

Pemkot Padang Tingkatkan Kebersihan Pasar Raya

(ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/)

Padang, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota (Pemkot) Padang, Sumatera Barat akan mengupayakan peningkatan kebersihan dan ketertiban lingkungan di sekitar Pasar Raya.

"Melalui Dinas Lingkungan Hidup akan ada dua ratus dua puluh orang yang akan membersihkan Pasar Raya, ini salah satu upaya peningkatan tersebut," kata Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah di Padang, Senin.

Ia menyebutkan 220 personel petugas kebersihan tersebut bukan hanya bertanggung jawab sehari-hari membersihkan namun juga sebagai percontohan masyarakat lainnya.

Dalam hal ini petugas kebersihan juga dapat memberikan arahan sekaligus mengajak masyarakat baik penjual atau pengunjung untuk menjaga lingkungannya seperti membuang sampah pada tempatnya.

"Hal ini penting mengingat kesadaran kebersihan masyarakat di sekitar Pasar Raya masih rendah," ujarnya.

Selain menyiapkan petugas kebersihan, pihaknya juga menyiapkan infrastruktur yang mendukung ke arah tersebut.

Seperti penyiapan drainase dan tempat parkir yang representatif seperti yang ada pada gedung inpres baru di Blok IV dan III.

Kemudian untuk menghilangkan kesan kumuh pasar, tambahnya pihaknya melalui Dinas Pekerjaan Umum akan mengaspal beberapa jalan yang dinilai rusak seperti jalan Rawang, Bemo atau Simpang Kandang.

"Melalui Dinas Perdagangan, mengarahkan pedagang menyiapkan tempat pembuangan sementara untuk sampahnya," kata dia.

Ke depan, lanjutnya Pasar Raya akan dijadikan pusat perdagangan yang modern, nyaman dan bersih.

"Saat ini gerakan ke arah tersebut terus dikerjakan sesuai anggaran yang ditetapkan," sebutnya.

Sementara itu salah satu pedagang di Pasar Raya Arif Taufan (32) mengatakan salah satu langkah untuk mengajak masyarakat dalam menjaga kebersihan pasar yakni menyediakan fasilitas buang sampah.

Di samping itu untuk memberikan pengawasan kepada masyarakat, perlu ada peraturan yang kuat agar Pasar terlihat indah dan bersih. (*)