Pemkab Pesisir Selatan Siapkan Empat Paket Operasi Pasar Murah

id operasi pasar

Pemkab Pesisir Selatan Siapkan Empat Paket Operasi Pasar Murah

Ilustrasi Operasi Pasar (Antara)

Painan, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat menyiapkan empat paket operasi pasar murah dalam upaya mengantisipasi lonjakan harga kebutuhan pokok sepanjang 2017.

"Pada Ramadhan 2017 satu paket telah kami gunakan dalam upaya menstabilkan harga kebutuhan pokok dan masih tersisa tiga paket lagi," kata Kepala Bidang Perdagangan, Dinas Koperasi UMKM Perdagangan dan Perindustrian Pesisir Selatan, Firdaus di Painan, Minggu.

Ia menambahkan pada masing-masing paket terdapat anggaran Rp40 juta untuk membeli pelbagai kebutuhan pokok dalam mengantisipasi lonjakan harga dan juga kelangkaan.

"Paket yang tersisa akan kami gunakan pada saat Hari Raya Idul Adha dan juga Tahun Baru karena pada momentum tersebut biasanya terjadi lonjakan harga," kata dia.

Kendati demikian, jika di luar momentum tersebut terjadi lonjakan harga maka operasi pasar murah akan tetap digelar.

Menurutnya hingga saat ini harga kebutuhan pokok di daerah itu mengalami penurunan seperti telur ayam ras per kilogram Rp22.500 padahal sehari sebelumnya Rp23.000 per kilogram.

Seterusnya, cabai merah besar Rp24.000 ribu per kilogram padahal sebelumnya Rp25.000 per kilogram, bawang merah Rp23.000 per kilogram sebelumnya Rp24.000 per kilogram dan beras medium harganya Rp12.000 per kilogram atau sama dengan kemarin.

Sementara pada 11 Juli 2017 harga cabai merah besar juga Rp24.000 per kilogram, sementara bawang merah Rp28.000 per kilogram dan telur ayam ras masih Rp22.000 per kilogram.

"Harga kebutuhan pokok dalam hitungan hari berubah dengan cepat namun kami telah membentuk tim pemantau sehingga jika terjadi lonjakan harga secepatnya bisa diantisipasi," katanya lagi. (*)