170 JCH Pasaman Ikuti Manasik Haji

id Haji

170 JCH Pasaman Ikuti Manasik Haji

Ilustrasi - Haji. (Antara)

Lubuk Sikaping, (Antara Sumbar) - Sebanyak 170 Jamaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, mengikuti manasik haji di Aula Kogusda Lubuk Sikaping, Minggu.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pasaman Abdel Haq di Lubuk Sikaping, Minggu, mengatakan kegiatan manasik haji tingkat kabupaten ini dilaksanakan selama dua hari yakni mulai Minggu-Senin (23-24 Juli 2017).

"Sebelumnya juga telah dilakukan manasik haji bagi jamaah calon haji di masing-masing kecamatan pada 14 hingga 21 Mei 2017," ujarnya.

Menurutnya, jumlah Jamaah Calon Haji tahun ini bertambah menjadi 170 orang dari tahun sebelumnya sebanyak 135 orang jamaah.

"Berarti ada penambahan kuota sebanyak 35 orang jamaah," katanya.

Ia meminta kepada seluruh jamaah untuk mengikutinya dengan baik dan sungguh-sungguh.

"Manasik ini bertujuan agar para JCH siap dalam melaksanakan ibadah haji sesuai dengan syariat Islam," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kementerian Agama Kabupaten Pasaman Tohar Mukti Siregar mengatakan sebanyak 170 JCH asal daerah itu tergabung dalam kelompok terbang (kloter) XIV embarkasi Padang.

"Materi dalam kegiatan ini yakni tentang proses dan tata cara Thawaf, Sa'i, melontar jumrah dan materi lainnya," ujarnya.

Ia mengatakan kegiatan manasik haji ini akan dibuka oleh Kepala Kantor Wilayah Provinsi Sumbar Salman, Senin (24/7).

Selain itu, katanya, persiapan kesehatan jasmani dan rohani sangat penting karena padatnya kegiatan ibadah yang akan dilalui oleh jemaah haji di tanah suci seperti wukuf, thawaf, sai dan kegiatan ibadah haji lainnya. (*)