360 Pelajar Ikuti Lomba Jambore Koperasi se-Sumbar

id Jambore Koperasi

360 Pelajar Ikuti Lomba Jambore Koperasi se-Sumbar

Ketua Dekopinda Sumbar, Hendra Irwan Rahim (tujuh kanan) foto bersama dengan Gubernur Irwan Prayitno, dan Bupati Irdinansyah Tarmizi serta tamu undangan lainnya usai pembukaan Jambore Koperasi Pemuda se-Sumbar di Bumi Perkemahan Pagaruyung. (ANTARA SUMBAR/Irfan Taufik)

Batusangkar, (Antara Sumbar) - Sebanyak 360 pelajar SLTA mengikuti berbagai kegiatan dan lomba pada Jambore Koperasi Pemuda se-Sumatera Barat di Bumi Perkemahan Komplek Istano Basa Pagaruyung, Tanah Datar.

Ketua Panitia Jambore Koperasi Pemuda se-Sumbar, Mirwan Pulungan di Pagaruyung, Jumat, mengatakan ajang untuk mencari kader-kader muda bidang perkoperasian ini digelar dalam rangkaian memperingati Hari Koperasi ke70 yang berlangsung pada 19 sampai 22 Juli 2017.

"Kegiatan Jambore Koperasi Pemuda ini diikuti oleh kontingen perwakilan dari 18 kabupaten/kota, terdiri dari 20 orang peserta dan 2 orang pendamping," katanya.

Peserta jambore akan mengikuti perlombaan perkoperasian diantaranya lomba tenda, penyuluhan koperasi, simulasi rapat anggota, ceramah, pidato, dan debat koperasi serta kegiatan sosial bedah rumah warga kurang mampu dan penampilan kesenian daerah masing-masing.

Ketua Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Tanah Datar, Basrizal Datuk Panghulu Basa mengapresiasi semua pihak termasuk Pemerintah Daerah Tanah Datar yang telah memfasilitasi terselenggarannya kegiatan jambore koperasi pemuda ini.

Ia mengharapkan melalui jambore koperasi ini dapat menjalin kebersamaan diantara pelajar dalam upaya mewujudkan dan menegakan perkoperasian yang berasal dari Minangkabau ini.

"Selain itu, juga tertanam sifat kegotong-royongan diantara sesama peserta yang akhirnya mereka memiliki jiwa koperasi dan memperjuangkannya sebagai lembaga ekonomi kerakyatan," katanya.

Ia menyampaikan hasil yang diinginkan dari jambore koperasi ini, diharapkan pihak sekolah lebih bisa meningkatkan sosialisasi koperasi di kalangan pelajar, kemudian akan terbentuk koperasi siswa di setiap sekolah.

Ketua Dekopinda Sumbar, Hendra Irwan Rahim mengharapkan dari kegiatan jambore koperasi akan melahirkan kader muda untuk pengembangan usaha koperasi di daerah itu.

Kegiatan jambore koperasi Ini hendaknya memunculkan kader muda sehingga mereka lebih menguasai koperasi sebagai soko guru perekonomian Indonesia," katanya.

Ia menyebutkan jambore koperasi ini diselenggarakan sebagai bentuk upaya dari pemerintah daerah dalam menanamkan prinsip dan nilai-nilai koperasi pada generasi muda sejak awal.

"Melalui jambore ini, koperasi bisa hadir kembali dan ekonomi masyarakat dapat menggeliat di tengah kondisi yang agak menurun dan tertinggal saat ini," katanya. (*)