Gubernur Minta Jambore Koperasi Munculkan Kader Muda

id Irwan Prayitno

Gubernur Minta Jambore Koperasi Munculkan Kader Muda

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno (Antara)

Batusangkar, (Antara Sumbar) - Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno mengharapkan dari kegiatan jambore koperasi akan melahirkan kader muda untuk pengembangan usaha koperasi di daerah itu.

Kegiatan jambore koperasi Ini hendaknya memunculkan kaderisasi, sehingga para pemuda mengenal lebih jauh apa itu koperasi sebagai soko guru perekonomian Indonesia, katanya pada acara pembukaan Jambore Koperasi Pemuda tingkat SLTA se-Sumbar di Bumi Perkemahan Pagaruyung, Tanah Datar, Kamis.

Ia menyebutkan jambore koperasi ini diselenggarakan sebagai bentuk upaya dari pemerintah daerah dalam menanamkan prinsip dan nilai-nilai koperasi pada generasi muda sejak awal.

"Melalui jambore ini, koperasi bisa hadir kembali dan ekonomi masyarakat dapat menggeliat di tengah kondisi yang agak menurun dan tertinggal saat ini," tambahnya.

Gubernur meyakini jika koperasi dikelola dengan sungguh-sungguh, maka akan dapat mengurangi angka kemiskinan dan pengangguran, serta bisa membuka lapangan pekerjaan bagi generasi muda.

Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi mengapresiasi pihak Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Sumbar bersama Dinas Koperasi dan UKM Sumbar yang telah menggagas kegiatan jambore koperasi bagi pemuda ini.

Ia mengatakan jumlah koperasi di Tanah Datar yang tercatat saat ini sebanyak 229 unit terdiri dari koperasi aktif sebanyak 206 unit dan 27 koperasi diantaranya adalah koperasi pelajar dan mahasiswa.

"Kita mendorong akan lahir kader koperasi dari kegiatan jambore ini sebagai pemegang tongkat estafet perjuangan koperasi di masa depan," ujarnya.

Ketua Panitia Jambore Koperasi Pemuda se-Sumbar, Mirwan Pulungan mengatakan acara ini digelar dalam rangkaian memperingati Hari Koperasi ke 70 yang berlangsung pada 19 sampai 22 Juli 2017 di Pagaruyung, Tanah Datar.

"Kegiatan Jambore Koperasi Pemuda ini diikuti oleh kontingen perwakilan dari 18 kabupaten/kota, terdiri dari 20 orang peserta dan 2 orang pendamping," sebutnya.

Peserta jambore akan mengikuti perlombaan perkoperasian diantaranya lomba tenda, penyuluhan koperasi, simulasi rapat anggota, ceramah, pidato, dan debat koperasi.

Acara pembukaan yang berlangsung meriah dengan tarian kesenian daerah itu dihadiri Direktur Perencanaan dan Keuangan Pengurus Dekopin Pusat, Abdul Wahab, Ketua DPRD Sumbar Hendra Irwan Rahim, Ketua DPRD Tanah Datar, Anton Yondra, Wali Kota Sawahlunto Ali Yusuf, Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma, Wakil Bupati Pasaman, Atos Pratama, dan para tokoh koperasi di Sumbar. (*)