Imam Besar Masjidil Haram Serukan Pesan Persatuan Umat Islam

id Pertemuan dai

Imam Besar Masjidil Haram Serukan Pesan Persatuan Umat Islam

Imam Besar Masjidil Haram, Syaikh Hasan Bukhari pada penutupan pertemuan dai dan ulama se-Asia Tenggara, Eropa dan Afrika di Padang, Kamis (20/7). Dalam sambutannya ia menyeru agar umat Islam menjaga persatuan serta Ukhwah Islamiah. (Antara Sumbar/Syahrul)

Padang, (Antara Sumbar) - Imam Besar Masjidil Haram Mekah, Syaikh Hasan Bukhari menyampaikan seruan persatuan bagi umat Islam pada penutupan kegiatan pertemuan dai dan ulama se-Asia Tenggara, Afrika dan Eropa di Padang, Sumatera Barat.

Dalam ceramahnya, ia mengingatkan umat Islam untuk tidak terpecah belah, karena setiap umat muslim itu bersaudara dan hal tersebut sudah disebutkan di dalam Al Quran maupun Hadis.

"Ukhwah Islamiyah adalah sebuah wasiat dari Allah untuk seluruh umat Islam dan juga merupakan seruan dari Nabi Muhammad SAW kepada umatnya," katanya di Padang, Kamis.

Ia menyebutkan kegiatan pertemuan dai dan ulama ini adalah salah satu penerapan dari seruan Islam tentang persatuan dan perdamaian.

Menurut dia, salah satu wujud persatuan itu adalah berkumpulnya para ulama dari seluruh penjuru dunia, mulai dari Australia, Asia Tenggara, Jepang, China, Timur Tengah dan juga Afrika.

"Saya sebagai Imam Masjidil Haram ingin mengungkapkan rasa gembira atas kebahagiaan dan keberkahan pada pertemuan ulama dan dai ini," katanya.

Melalui kesempatan ini ia menyampaikan bahwa pihak Kerajaan Arab Saudi akan terus memberikan dukungan terhadap usaha-usaha agar terjalinnya ukhwah dan persatuan di tengah-tengah umat Islam.

"Saya juga mengucapkan terimakasih kepada pemerintah Indonesia yang senantiasa menyerukan persatuan dan diharapkan Indonesia dapat menjadi contoh persatuan umat Islam untuk dunia," katanya.

Sementara itu mantan presiden Sudan, Abdurrahman Suwar Az-Zahab mengatakan dalam mewujudkan persatuan, umat Islam harus sadar bahwa kita adalah umat yang satu.

"Persatuan dapat mencegah dan menghadapi ancaman-ancaman yang datang kepada umat Islam, sebab persatuan adalah anjuran dari Allah," katanya. (*)