Sabtu, 23 September 2017 - 3 Muharram 1439 H

Polres Solok Selatan Apresiasi Bhabinkamtibmas Berprestasi

Ilustrasi, polisi. (Antara)
Padang Aro, (Antara Sumbar) - Kepolisian Resor Solok Selatan, Sumatera Barat mengapresiasi Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) berprestasi yaitu Brigadir Weldi Syahputra yang berhasil menjadi juara pertama lomba pos kamling se-Sumbar.

Kapolres Solok Selatan AKBP Mochamad Nurdi di Padang Aro, Kamis, mengatakan Brigadir Weldi Syahputra berhasil menjalankan program Bhabinkamtibmas dengan membentuk Satuan Keamanan Jorong (Sakejor) sehingga masyarakat di sekitarnya sadar akan pentingnya menjaga Sitkamtibmas yang kondusif.

"Dengan keberhasilan tersebut ia mendapat juara pertama lomba Poskamling se-Sumbar pada HUT Bhayangkara ke-71," ujarnya.

Setiap Kapolsek beserta anggotanya harus tanggap dengan kejadian dan kegiatan di daerah masing-masing dengan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat sehingga dapat meningkatkan kinerja Polri di lapangan.

"Bhabinkamtibmas tidak hanya milik kepolisian tetapi juga masyarakat binaannya," ujarnya.

Ia berharap Bhabinkamtibmas lainnya bisa mencontoh kinerja di Jorong Sungai Sei Aro, Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh.Kapolres Solok Selatan juga memberikan hadiah berupa alat perlengkapan Poskamling.

Sementara itu Kasat Binmas Polres Solok Selatan Iptu Afrizal, berharap ada penambahan personel Bhabinkamtibmas karena kondisi saat ini masih kurang.

"Personel Bhabin masih kurang dan diharapkan ditambah agar kinerjanya lebih baik lagi," ujarnya.

Saat ini belum bisa menempatkan satu Bhabinkamtibmas per nagari (desa adat) karena kekurangan personel.

Seharusnya satu orang Bhabinkamtibmas membawahi satu nagari, tetapi sekarang yang terjadi seorang personel membawahi tiga sampai empat nagari karena keterbatasan personel.

Bhabinkamtibmas yang ditempatkan di nagari akan melakukan pembinaan langsung, menampung aspirasi masyarakat, memberikan saran, menghidupkan lagi sistem keamanan warga.

"Bhabinkamtibmas yang ditempatkan di nagari bersentuhan langsung dengan masyarakat sehingga bisa memberikan rasa aman serta mengantisipasi tindakan kriminal," kata dia. (*)

Editor : Mukhlisun

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Riko Syaputra
Lubuk Sikaping, (Antara Sumbar) - Petugas Rumah Tahanan kelas II B Lubuk Sikaping kembali kecolongan setelah satu warga binaannya ...
Baca Juga