Kendaraan Rombongan Calon Haji Kecelakaan di Agam

id Polisi

Kendaraan Rombongan Calon Haji Kecelakaan di Agam

Ilustrasi - Polisi. (Antara)

Lubukbasung, (Antara Sumbar) - Mobil rombongan calon jemaah haji asal Kabupaten Agam, Sumatera Barat, dengan jenis Suzuki Karimun dengan nomor polisi BA 1446 TV bertabrakan dengan colt diesel BM 8723 AD di Simpang Empat Surau Kariang, Kecamatan Lubukbasung, kabupaten setempat, Kamis (20/7) sekitar pukul 13.15 WIB.

Akibat kecelakaan tersebut, satu orang calon jemaah haji Agam atas nama Fatimah (68) warga Kampung Pinang Kecamatan Lubukbasung dan tiga orang pengurus Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kecamatan Lubukbasung atas nama Nujuarnur (82), Darsi (72) dan Suryati Karim (72) warga Diponegoro Kecamatan Lubukbasung, mengalami luka ringan pada bagian dada dan muka.

"Saat ini, empat korban dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lubukbasung. Nujuarnur dan Darsi merupakan suami istri," kata Kasat Lantas Polres Agam, Iptu Julisman didampingi Kanit Laka Aiptu Ismail di Lubukbasung, Kamis.

Sementara sopir colt diesel atas nama Darpendi (46) warga Kampuang Caniago, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubukbasung, selamat dari kecelakaan itu dan sudah diamankan di Mako Polres Agam untuk proses selanjutnya.

Ia menceritakan, kecelakaan ini berawal dari mobil Suzuki Karimun yang dikendarai oleh Nujuarnur yang datang dari arah Kantor Bupati Agam menuju Sport Center Bukit Bunian, Kecamatan Lubukbasung.

Sementara mobil Colt Diesel datang dari arah Simpang Tembok menuju Padang Ambacang.

Sesampai di lokasi, katanya, mobil tersebut bertabrakan yang mengakibatkan mobil Suzuki Karimun mengalami rusak sedang pada bagian depan.

"Diperkirakan kerugian dari kecelakaan itu sekitar Rp25 juta," katanya.

Dengan kejadian itu, Julisman mengimbau pengendara untuk meningkatkan kewaspadaan saat melewati daerah itu dan daerah persimpangan lainnya agar tidak menjadi korban kecelakaan.

Salah seorang korban, Fatimah (68), menambahkan, sebelum kecelakaan itu pihaknya beserta tiga korban lain mengikuti pawai ta'aruf mengelilingi Kota Lubukbasung.

"Pawai taaruf ini merupakan kegiatan tahunan dari Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia Kecamatan Lubukbasung menjelang calon jemaah haji bertolak ke tanah suci," katanya.

Setelah selesai pawai taaruf, tambahnya, rombongan itu menunaikan Sholat Zhuhur di Masjid Nurul Falah Lubukbasung dan menjelang perjalanan ke rumah mobil tersebut bertabrakan. (*)