Jangkau Layanan Kesehatan, Pemkab Datangkan Dokter Spesialis ke Daerah Terpencil

id Layanan Kesehatan, pasaman Barat

Jangkau Layanan Kesehatan, Pemkab Datangkan Dokter Spesialis ke Daerah Terpencil

Salah seorang dokter spesialis penyakit dalam memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat di Sawah Mudik, Kecamatan Ranah Batahan. (ANTARA SUMBAR/Altas Maulana)

Simpang Empat, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dengan mendatangkan dokter spesialis ke daerah terpencil.

"Benar, kita ingin daerah tertinggal atau terpencil memperoleh layanan kesehatan khususnya dari dokter spesialis. Dokter spesialis langsung turun lapangan," kata Kepala Dinas Kesehatan Pasaman Barat, Haryunidra di Simpang Empat, Rabu.

Ia mengatakan program dokter spesialis turun ke daerah terpencil itu merupakan salah satu dorongan agar daerah itu keluar dari status ketertinggalan di sektor kesehatan.

"Banyak faktor yang menyebabkan Pasaman Barat masih tergolong daerah tertinggal, salah satunya adalah sektor kesehatan. Inilah yang terus kita benahi secara bertahap," katanya.

Menurutnya untuk mengejar ketertinggalan di bidang kesehatan itu Dinas Kesehatan memiliki program mendekatkan pelayanan dokter spesialis untuk daerah terpencil.

Program jemput itu dilakukan mengingat kawasan Pasaman Barat cukup luas dan masih jauh dari jangkauan layanan kesehatan yang memadai.

"Ini adalah upaya kita mendekatkan pelayanan dokter spesialis untuk daerah terpencil," ujarnya.

Ia menjelaskan untuk tahun 2017 ini Dinas Kesehatan menargetkan memberikan layanan kesehatan dokter spesialis kepada enam daerah terpencil.

"Hingga saat ini kita laksanakan di tiga titik yakni di Katiagan Mandiangin, Pulau Panjang dan Ranah Batahan. Sedangkan di tiga titik lagi akan kita lakukan di wilayah terpencil yakni Paraman Ampalu, daerah Talu dan Koto Balingka," jelasnya.

Ia menambahkan, pelayanan daerah terpencil ini bekerja sama dengan dokter spesialis Rumah Sakit Umun Daerah (RSUD) dan dokter Rumah Sakit Yarsi Simpang Empat.

"Program ini akan terus kita lakukan setiap tahun. Agar masyarakat kita yang membutuhkan pelayan dokter spesialis bisa memanfaatkan program ini," katanya. (*)