Padangpariaman Sinergikan Seluruh OPD dengan FKS

id Forum Kabupaten Sehat, Padangpariaman

Padangpariaman Sinergikan Seluruh OPD dengan FKS

Staf Ahli Sosial, Budaya, dan Sumber Daya Manusia Kabupaten Padangpariaman, Sumatera Barat, Taslim (kanan) mengukuhkan anggota Forum Kabupaten Sehat (FKS) daerah itu periode 2017-2020 di Parit Malintang, Rabu (19/7). Pemerintah Kabupaten Padangpariaman mengupayakan menyinergikan seluruh organisasi perangkat daerah dengan FKS di daerah itu. (ANTARA SUMBAR/Aadiaat M. S. )

Parit Malintang, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Padangpariaman, Sumatera Barat mengupayakan menyinergikan seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) dengan Forum Kabupaten Sehat (FKS) di daerah itu.

"Dibentuknya FKS bertujuan untuk membantu pemerintah daerah untuk meningkatkan kesehatan masyarakat dan lingkungan sehat, aman serta nyaman," kata Staf Ahli Sosial, Budaya, dan Sumber Daya Manusia Kabupaten Padangpariaman, Taslim saat mengukuhkan anggota FKS daerah itu periode 2017-2020 di Parit Malintang, Rabu.

Ia mengatakan awalnya organisasi yang terdiri atas pejabat pemerintahan dan tokoh masyarakat pada 2014 tersebut bertujuan untuk mewujudkan program pemerintah pusat untuk menciptakan Indonesia Sehat.

Namun saat ini baru beberapa OPD yang bersinergi dengan Forum Kabupaten Sehat seperti Dinas Kesehatan dan Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah sehingga kinerja organisasi itu belum terlihat signifikan, katanya.

"Padahal untuk menciptakan kabupaten sehat kita harus menyinergikan pada lintas sektoral," ujarnya.

Ia menyebutkan salah satu OPD yang bisa bersinergi dengan Forum Kabupaten Sehat yaitu Dinas Perdagangan, Tenaga Kerja, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah untuk pengelolaan pasar yang bersih dan nyaman.

Ia mengatakan sinergi tersebut bisa seperti membuat pasar sehat percontohan dan setelah itu diterapkan ke semua pasar yang ada di daerah itu.

Sementara itu, Ketua FKS Padangpariaman periode 2017-2020, Rahmad mengatakan untuk menciptakan kabupaten dan kota sehat harus didukung oleh semua pihak salah satunya OPD.

"Melalui OPD maka menciptakan kabupaten sehat akan lebih mudah," kata dia.

Ia menjelaskan ketika OPD menjalankan programnya maka secara bersamaan program menciptakan Padangpariaman sehat bisa disisipkan.

Ia berharap warga di daerah itu juga membiasakan diri untuk hidup sehat agar terhindar dari sakit serta tercipta lingkungan yang nyaman. (*)