Ada Prawan Menyapa di Pasbar

id Prawan Menyapa, Pasaman Barat

Simpang Empat, (Antara Sumbar) - Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, melaksanakan program "Praja Wanita (Prawan) Menyapa".

Program itu bertugas merazia laki-laki yang masih terlihat santai ketika waktu sholat Jumat sudah masuk. Program yang ada sejak setahun lalu itu kini ditingkatkan lagi, kata Kepala Satpol PP Pasaman Barat, Edi Murdani, di Simpang Empat, Selasa.

Dengan tujuan agar tidak ada lagi laki-laki yang lupa dengan ibadah Jumat nya yang datang sekali dalam seminggu.

Ia mengatakan mengatakan, kegiatan yang bersifat imbauan kepada kaum laki-laki muslim yang berada di lingkup kantor pemerintah, tempat umum, warung dilakukan setiap Jumat oleh Prawan Satpol PP.

Tim Prawan akan memulai kegiatan ini setengah jam sebelum memasuki waktu sholat Jumat dengan cara mendatangi kaum laki-laki dan mengingatkan untuk shalat Jumat.

Kata-kata yang diucapkan ketika mengajak juga sudah dilatih. Karena, takutnya ada pihak yang tersinggung jika salah dalam mengajak kebaikan tersebut.

"Ini tidak ada maksud lain, Prawan tersebut semata-mata hanya mengajak laki-laki untuk segera sholat Jumat. Makanya dipilih kata-kata yang baik dan dimulai dengan kata maaf," ujarnya.

Setelah itu, tim akan melanjutkan kegiatan pengawasan di beberapa masjid sekitar kantor pemerintah daerah, salah satunya di Masjid Agung.

Prawan ini mengamankan jalannya sidang Jumat dengan setenang-tenangnya. Mereka akan mengusir remaja nakal yang tidak ikut Jumat dan meribut serta menjaga kendaraan bermotor dari jemaah Jumat tersebut.

"Kendaraan jemaah aman, ibadahpun khusuk. Mudah-mudahan ke depannya program ini bisa menyentuh hati kaum laki-laki untuk beribadah," katanya.

Salah seorang staf Pemda Pasaman Barat, Andi menilai program itu sangat bagus untuk kaum laki-laki mengingatkan waktu sholat.

Selain sudah diingatkan untuk ibadah, program tersebut juga memberikan ketenangan kepada jemaah sholat Jumat.

"Sesama umat Islam kita memang harus mengingatkan, apalagi ini dalam kebaikan," katanya. (*)