Ketua TP-PKK Harapkan Kader Jadi Srikandi Pembangunan

id Jambore PKK, Sumbar

Ketua TP-PKK Harapkan Kader Jadi Srikandi Pembangunan

Suasana pembukaan Jambore PKK Sumbar di Bukittinggi, Selasa(18/7) (ANTARA SUMBAR/ Ira Febrianti)

Bukittinggi, (Antara Sumbar) - Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Sumatera Barat (Sumbar), Nevy Irwan Prayitno mengatakan kader PKK dapat berperan sebagai srikandi pembangunan.

"Kader PKK dekat kegiatannya dengan pemberian motivasi bagi keluarga dalam rangka meningkatkan ketahanan keluarga sehingga dapat disebut sebagai srikandi pembangunan," ujarnya saat membuka Jambore PKK Sumbar di Bukittinggi, Selasa.

Menurutnya ketahanan keluarga adalah hal penting dalam mendukung pembangunan sehingga PKK telah melaksanakannya melalui 10 program pokok PKK.

Ia menjelaskan pelaksanaan Jambore PKK diharapkan menjadi sarana bagi kader agar lebih meningkatkan pelaksanaan program pokok tersebut yaitu pengamalan Pancasila, gotong royong, pangan, sandang, perumahan dan tata laksana rumah tangga, pendidikan dan keterampilan, kesehatan, koperasi, pelestarian lingkungan hidup dan perencanaan sehat.

"Jambore PKK ini diharapkan menjadi motivasi bagi para kader agar meningkatkan kinerja kelompok dasawisma sesuai tema kegiatan tahun ini," ujarnya.

Wali Kota Bukittinggi, M Ramlan Nurmatias mengatakan Jambore PKK yang diikuti 19 kota dan kabupaten di Sumbar menjadi ajang meningkatkan silaturahim.

"Kader PKK adalah ujung tombak di lapangan untuk membantu meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Berkumpulnya kader dapat menjadi sarana berbagi informasi dalam hal tersebut," tambahnya.

Ramlan menilai kader PKK adalah mitra kerja efektif pemerintah dalam mengedukasi masyarakat karena posisinya dekat dengan masyarakat.

"Dalam jambore ini, kami harap menjadi pemenang bukan tujuan akhir peserta namun mengevaluasi sudah sejauh mana para kader memberikan peran bagi masyarakat sesuai program pokok PKK," lanjutnya.

Jambore PKK ke-15 tersebut dilaksanakan sejak 17 hingga 20 Juli 2017 di Lapangan Kantin Bukittinggi dengan tema Melalui Jambore PKK Berprestasi dan Gelar TTG, Kita Tingkatkan Kinerja Kelompok Dasawisma dalam Menggerakkan Pelaksanaan 10 Program Pokok PKK di Sumbar. (*)