Pemkab Tanah Datar Targetkan Satu OPD Satu Inovasi dalam Setahun

id Wabup Tanah Datar, Zuldafri Darma, Inovasi,

Batusangkar, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Datar, Sumatera Barat menargetkan satu inovasi dalam setahun yang dilakukan organisasi perangkat daerah (OPD) untuk meningkatkan pelayanan masyarakat.

"Kita harapkan masing-masing OPD mampu melahirkan inovasi dalam bentuk program atau kegiatan minimal satu inovasi dalam setahun," kata Wakil Bupati Tanah Datar, Zuldafri Darma saat membuka workshop inovasi pemerintahan daerah di Batusangkar, Selasa.

Wabup menyebutkan kegiatan ini mampu membuka cakrawala berfikir pimpinan OPD untuk membuat program inovasi di tengah keterbatasan anggaran daerah.

"Dengan workshop ini akan ada banyak inovasi baru yang bisa diaplikasikan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat," tambahnya.

Ia meminta OPD lain dapat belajar ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang mampu masuk Top 99 Inovasi Pemerintah Daerah.

"Mengapa Dinas Dukcapil mampu membuat inovasi dalam keterbatasan anggaran yang sama dengan OPD lain, silakan belajar dari Dinas Dukcapil," lanjutnya.

Sementara, Deputi Inovasi Lembaga Administrasi Negara (LAN) Tri Widodo Wahyu Utomo mengatakan potensi daerah yang dimiliki jangan dianggap hal biasa, padahal dengan sedikit inovasi, potensi daerah tersebut bisa menjadi hal yang luar biasa.

Ia menyebutkan inovasi harus menjadi sebuah gerakan menyeluruh di lingkungan pemerintah, baik di tingkat pusat hingga daerah agar pemerintah memiliki daya saing yang cukup tinggi di tingkat global.

"Saat ini Indonesia menghadapi permasalahan global terkait inovasi yang dilakukan pemerintah daerah," tambahnya.

Ia menyebutkan inovasi pemerintahan daerah adalah harga mati, jadi pihaknya terus mendorong untuk menerapkan prinsip pemerintahan inovasi tiada henti.

Inovasi harus menjadi sebuah gerakan menyeluruh di lingkungan pemerintah daerah, katanya.

Peserta yang mengikuti workshop inovasi pemerintah daerah adalah Staf Ahli Bupati, Zulkifli, Asisten III Setdakab Azwar Rabain, Kabag Organisasi Adriyanti Rustam, kepala dan sekretaris OPD dan camat. (*)