Pesisir Selatan Targetkan Inseminasi Sapi 9.412 Ekor

id IB sapi

Pesisir Selatan Targetkan Inseminasi Sapi 9.412 Ekor

Sapi. (Antara)

Painan, Sumbar, 18/7 (Antara) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat menargetkan Inseminasi Buatan (IB) atau kawin suntik pada sapi betina sebanyak 9.412 ekor pada 2017, dan saat ini sudah tercapai 47,2 persen atau 4.442 ekor.

"Realisasi sebanyak 47,2 persen tersebut terhitung hingga 10 Juli 2017, dan per harinya diperkirakan ada penambahan 30 sampai 40 ekor sapi betina yang telah di IB," kata Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Pesisir Selatan, Hazrita di Painan, Selasa.

Ia menambahkan hasil tersebut merupakan pencapaian yang baik, karena pelaksanaan IB baru dimulai pada Maret 2017.

Agar target tersebut tercapai pihaknya mengerahkan 22 petugas peternakan yang tersebar pada 15 kecamatan di daerah itu.

"Jika dari target IB hanya 65 persen saja yang berhasil, maka di Pesisir Selatan akan lahir 6.117 ekor anakan sapi unggul, namun jumlah tersebut bisa saja lebih banyak," kata dia.

Ia menyebutkan banyak keuntungan yang didapatkan peternak jika sapi peliharaannya mengikuti program IB, di antaranya menghemat waktu karena peternak tidak perlu lagi membawa pejantan ke sapi betina.

Seterusnya bisa meningkatkan kelahiran, mencegah penyakit menular dan mencegah kawin sedarah sehingga kualitas ternak tetap terjaga.

Selain itu katanya, pelaksanaan IB oleh petugas peternakan juga gratis karena biayanya ditanggung oleh pemerintah melalui APBN.

Selain IB, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Pesisir Selatan juga menargetkan sapi bunting sebanyak 6.400 ekor sepanjang 2017 namun baru tercapai 1.595 ekor dan sapi melahirkan sebanyak 5.177 ekor namun baru tercapai 1.198 ekor.

Hazrita menyebutkan populasi sapi di daerah itu mencapai 26 ribu ekor yang terdiri dari jenis Sapi Pesisir Selatan, Sapi Bali dan jenis unggul lainnya. (*)