Jambore PKK Ukur Keberhasilan Kinerja Kelompok Dasawisma

id Jambore PKK, Bukittinggi

Jambore PKK Ukur Keberhasilan Kinerja Kelompok Dasawisma

Jambore Kader PKK Berprestasi digelar di Bukittinggi pada 17-20 Juli 2017 untuk mengukur kinerja dasawisma melaksanakan 10 program pokok PKK. (ANTARA SUMBAR/ Ira Febrianti)

Bukittinggi, (Antara Sumbar) - Jambore Kader Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) yang dilaksanakan di Bukittinggi akan mengukur keberhasilan kelompok dasawisma menjalankan 10 program pokok PKK.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Bukittinggi, Tati Yasmarni di Bukittinggi, Senin, mengatakan pengukuran kinerja tersebut dilihat melalui enam jenis lomba yang digelar dalam Jambore PKK di Lapangan Kantin Bukittinggi.

"Lomba-lomba yang disiapkan akan menjadi ukuran apakah program PKK sudah dijalankan oleh dasawisma dan memberi manfaat bagi masyarakat di daerah," sebutnya.

Ia menerangkan enam lomba yang digelar yakni lomba "leaflet" berisi tentang pelaksanaan bulan bakti dasawisma di kabupaten atau kota serta manfaatnya bagi warga, lomba asmaul husna sebagai bagian dari kegiatan keagamaan.

Kemudian lomba bermain peran, lomba Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K), lomba teknologi tepat guna (TTG), lomba pemanfaatan limbah.

"Bagi Bukittinggi, tim PKK menyiapkan produk yang berkaitan dengan sampah plastik. Bagaimana memanfaatkannya menjadi barang bernilai ekonomi dan membuat alat pencacah sampah," ujarnya.

Selain persiapan bagi peserta, pihaknya telah memberikan imbauan warga setempat agar ikut menyukseskan kegiatan yang digelar untuk ke-15 kalinya tersebut.

"Sebagai tuan rumah yang akan menerima tamu dari 18 kabupaten dan kota di Sumbar, kami imbau masyarakat ikut menyambut dengan ramah bila nanti ada yang informasi seperti lokasi kuliner, objekwisata, cenderamata dan lainnya," tambahnya.

Jambore PKK tingkat Sumbar dilaksanakan mulai 17 hingga 20 Juli 2017 dan dijadwalkan pada 18 Juli 2017 akan dibuka oleh Ketua Umum TP-PKK Pusat, Erni Gundarti Tjahjo Kumolo.

Kegiatan tersebut mengangkat tema Melalui Jambore PKK Berprestasi dan Gelar TTG, Kita Tingkatkan Kinerja Kelompok Dasawisma dalam Menggerakkan Pelaksanaan 10 Program Pokok PKK di Sumbar. (*)