Kamis, 27 Juli 2017 - 4 Zulqaidah 1438 H

Menuju Kabupaten Cerdas, Pemkab Agam Pasang Jaringan Internet di Kecamatan

Lubukbasung, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat, pada 2018 bakal memasang internet garis di kantor camat untuk mempermudah masyarakat setempat mendapatkan informasi.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Agam, Fauzan Helmy Hutasuhut di Lubukbasung, Senin, mengatakan pihaknya akan memasang jaringan internet di dua kantor camat pada 2018 dan kantor camat tersebut masih dalam verifikasi.

"Pemasangan jaringan internet ini akan kita lakukan awal tahun dan ini merupakan program Dinas Komunikasi dan Informatika Agam pada 2018," katanya.

Pada 2017, tambahnya, pihaknya telah memasang jaringan internet gratis di tiga lokasi yakni, Pasar Impres Padang Baru, Masjid Nurul Falah dan Kantor Bupati Agam.

Pemasangan ini bertujuan untuk mempermudah masyarakat untuk mendapatkan informasi tentang harga kebutuhan pokok, mencari bahan pelajaran dan keagamaan.

Layanan internet gratis itu akan dilengkapi sandi, agar masyarakat yang memanfaatkan wifi gratis bisa terpantau.

Selain itu, layanan tersebut juga dilengkapi dengan sistem internet sehat. Artinya, situs-situs porno secara otomatis akan diblokir agar tak bisa diakses masyarakat. Hal itu untuk menjaga moral dan akhlak generasi muda.

Pemasangan wifi ini sekaligus menunjukkan keseriusan Agam untuk mewujudkan program smart regency atau kabupaten cerdas yang dimulai pada 2017.

Pada tahun ini, Agam juga melakukan pemilihan wali nagari secara e-voting atau secara elektronik, aplikasi perkantoran maya (simaya) dan e-planning.

"Kita berharap program smart regency ini berjalan dengan baik," katanya.

Ketua Komisi III Bidang Pembangunan dan Lingkungan DPRD Agam, Ais Bakri, mendukung pemasangan wifi gratis di kantor pelayanan dan pusat keramaian.

Namu pihaknya berharap agar dinas terkait untuk memfasilitasi nagari dan jorong yang belum mendapatkan akses internet.

"Kami menginginkan pada 2018 seluruh nagari dan jorong di Agam sudah teraliri akses internet karena kebutuhan internet sangat penting sekarang," katanya. (*)


Editor : Joko Nugroho

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Ikhwan Wahyudi
 Padang,  (Antara Sumbar) - Beberapa tahun terakhir publik di Tanah Air  kerap disuguhipemberitaan ...
Baca Juga