Pemerintah Ingin Kembalikan Empat Sehat Lima Sempurna

id Puan Maharani

Pemerintah Ingin Kembalikan Empat Sehat Lima Sempurna

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani. (ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho)

Bandar Lampung, (Antara Sumbar) - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani mengatakan pemerintah ingin mengembalikan pola hidup empat sehat lima sempurna seperti yang dulu disosialisasikan ke masyarakat.

Puan dalam sambutannya pada puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) 2017 di Bandar Lampung, Sabtu, mengatakan pemerintah menyimpulkan pola empat sehat lima sempurna untuk membangkitkan gaya hidup sehat di masyarakat.

"Keprihatinan pemerintah, tentang bagaimana kita membangkitkan semangat gaya hidup sehat. Supaya sehat harus makan seimbang, sebetulnya seperti apa makan yang seimbang? Makan yang bergizi, gizi seperti apa?" kata Menko PMK mengisahkan pembahasan rapat terbatas dengan menteri koordinator bidang lainnya bersama wakil presiden.

Puan menjelaskan dengan pola empat sehat lima sempurna lebih jelas dipaparkan apa saja yang harus jadi asupan seperti karbohidrat, protein, sayur, buah, dan susu.

Dia mengungkapkan tentang gambar diagram makanan empat sehat lima sempurna yang sering dilihat pada siswa SD era terdahulu dan mudah dipahami oleh masyarakat.

"Saya ingin menggugah, menyampaikan, nanti kalau sudah diresmikan, minta gotong royong seluruh pengurus BKKBN, seluruh petugas PKK, gubernur, bupati, walikota, kita kembalikan lagi perilaku hidup sehat empat sehat lima sempurna," kata Puan.

Namun Puan juga mengingatkan agar juga melakukan aktivitas fisik atau berolahraga dan tidur yang cukup untuk menjaga tubuh tetap sehat.

Puan menekankan pentingnya menjaga kesehatan, terutama bagi anak-anak yang akan menjadi generasi penerus di masa depan.

Dia mengemukakan pemerintah selalu berupaya untuk meningkatkan kesehatan masyarakat Indonesia dengan berbagai program pemenuhan gizi. (*)