Rabu, 20 September 2017 - 29 Zulhijjah 1438 H

Baznas Agam Salurkan Beasiswa Rp606 Juta

Lubukbasung, (Antara Sumbar) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Agam, Sumatera Barat, menyalurkan beasiswa sebesar Rp606 juta kepada 321 mahasiswa yang tersebar di perguruan tinggi di Sumatera Barat, Sumatera, Jawa, maupun luar negeri.

Ketua Baznas Agam, Eldi Zein di Lubukbasung, Jumat, mengatakan beasiswa tersebut disalurkan secara dua tahap. Tahap pertama di SMAN 1 Kecamatan Ampek Angkek, Kamis (13/7) dan tahap ke dua di Masjid Agung Nurul Fallah Lubuk Basung, Jumat (14/7).

"Mereka yang menerima beasiswa itu ada yang baru masuk perguruan tinggi dan ada yang sedang menjalankan pendidikan di perguruan tinggi di Sumbar, Sumatera, luar Sumatera dan luar negeri," katanya.

Ia menjelaskan beasiswa sebesar Rp606 juta itu disalurkan untuk 321 orang tersebar di Kecamatan Ampeknagari sebanyak 11 orang dengan dana Rp14 juta, Lubukbasung sebanyak 46 orang dengan dana Rp61 juta, Palembayan sebanyak 21 orang dengan dana Rp27,5 juta.

Sedangkan Tanjungmutiara sebanyak 17 orang Rp24,5 juta, Tanjungraya sebanyak 30 orang Rp40,5 juta, Matur sebanyak 13 orang Rp14 juta, Baso sebanyak 26 orang Rp65 juta, Ampekkoto sebanyak tujuh orang Rp17,5 juta.

Selanjutnya, Kecamatan Canduang sebanyak 29 orang dengan dana Rp65,5 juta, Sungaipua sebanyak 13 orang dengan dana Rp29,5 juta, Kamangmagek sebanyak 25 orang dengan dana Rp54,5 juta, Tilatangkamang sebanyak 24 orang dengan dana Rp54 juta, Ampekangkek sebanyak 43 orang dengan dana Rp101 juta, Palupuah sebanyak tiga orang dengan dana Rp8 juta dan Banuhampu sebanyak 13 orang dengan dana Rp28,5 juta.

"Mereka yang mendapatkan beasiswa ini berasaldari keluarga kurang mampu dan beasiswa tesebut merupakan program tahunan Baznas Agam setiap ajaran baru," katanya.

Ia menambahkan, untuk perguruan tinggi dalam Sumbar mendapatkan beasiswa sebesar Rp2 juta per orang, Sumatera sebesar Rp2,5 juta per orang, luar Sumatera sebesar Rp3 juta per orang dan luar negeri sebesar Rp5 juta per orang.

Jumlah mahasiswa dari perguran tinggi luar negeri, katanya, sebanyak tiga orang dan mereka itu melajutkan pendidikan di salah satu perguruan tinggi di Kairo, Mesir.

"Kita masih memproses empat usulan dari mahasiswa yang sedang melanjutkan pendidikan di Kairo, Mesir," katanya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Agam, Isra, memberikan apresiasi kepada Baznas Agam yang telah menyalurkan beasiswa, sehingga bisa meringankan beban dari orang tua mereka.

"Saya berharap beasiswa yang disalurkan itu dimanfaatkan untuk kebutuhan pendidikan," katanya. (*)


Editor : Joko Nugroho

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Joko Nugroho
         Sawahlunto, kota kecil yang berjarak sekitar 80 kilometer dari Ibu Kota Provinsi Sumatera Barat ...
Baca Juga