Pasaman Ajukan Permohonan ke Kementerian Kembangkan Pariwisata

id Pasaman, Pengembangan Pariwisata

Lubuk Sikaping, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Pasaman,Sumatera Barat, mengajukan permohonan ke Kementerian Pariwisata Republik Indonesia untuk membantu mengembangkan sektor pariwisata di daerah itu.

"Pemerintah setempat sudah mengajukan permohonan ke pusat, terkait pengelolaan berbagai objek wisata," Kata Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata setempat Ricky Riswandi di Pasaman, Jumat.

Selain mengajukan permohonan ke pemerintah pusat, tambahnya pemerintah setempat juga mengandalkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) dan bantuan provinsi.

"Kita tidak bisa hanya berharap anggaran dari pemerintah pusat, oleh karena itu kemampuan anggaran daerah harus dimaksimalkan untuk pengelolaan pariwisata," katanya.

Beberapa objek wisata yang perlu dikembangkan dan dikelola diantaranya Museum Tuanku Imam Bonjol yang terletak di Kecamatan Bonjol, Situs prasasti Kubu Sutan di Kecamatan Rao, Arca di Kecamatan Rao Selatan dan Candi Tanjung Medan yang berada di Kecamatan Panti.

Objek wisata tersebut ujarnya, memiliki nilai sejarah yang panjang, jika tidak dikelola dengan baik maka terancam terabaikan.

"Perlu keseriusan dalam mengelola pariwisata, tidak bisa setengah hati maka harus didukung sumber daya manusia dan anggaran yang mencukupi," ujar dia.

Darmansyah, salah seorang wisatawan lokal, menyambut baik rencana pemerintah daerah dalam mengelola dan mengembangkan objek wisata yang ada.

Menurutnya perlu berbagai upaya perbaikan dan penambahan sarana infrastruktur di segala lini agar wisatawan merasa nyaman saat berkunjung.

"Selain perbaikan dan penambahan sarana dan prasarana, kualitas sumber daya manusia yang mengelola pariwisata juga harus diperhatikan," katanya. (*)