Kebakaran Hutan Ancam Istana Alhambra di Granada

id Kebakaran Hutan

Kebakaran Hutan Ancam Istana Alhambra di Granada

Ilustrasi - (ANTARA FOTO/FB Anggoro)

Madrid, Spanyol, (Antara Sumbar) - Kebakaran hutan yang mulai terjadi sekitar tengah hari di dekat peninggalan terkenal Abad Ke-14 Istana Alhambra di Kota Granada pada Kamis (13/7) telah dikendalikan, demikian laporan media lokal.

Si jago merah dengan cepat melahap tanaman semak selama dua jam sebelum dikendalikan oleh 77 petugas pemadam, yang bekerja dengan bantuan tujuh helikopter dan pesawat guna mencegah terjadinya bencana.

Penghuni beberapa rumah dan sebagian rumah goa yang terkenal di dekat Alhambra telah diungsikan, meskipun pemerintah setempat mengkonfirmasi wisatawan yang mengunjungi Istana Bangsa Moor tersebut, salah satu Warisan Dunia UNESCO, tak pernah terancam bahaya dan tak ada laporan mengenai korban jiwa.

Api mulai menyala karena sebab yang masih belum diketahui di satu selokan di daerah yang bernama Barranco del Abogado di sebelah tenggara kompleks Alhambra, demikian laporan Xinhua.

Api kemudian menjalar ke lereng bukit sampai mendekati pemakaman kuno Bangsa Moor, yang berjarak sekitar 500 meter dari monumen bersejarah tersebut.

Granada saat ini berada dalam kondisi siaga merah karena gelombang panas, dan temperatur yang naik sampai 45 Derajat Celsius membantu terjadinya kebakaran, walaupun pengerahan cepat personel udara guna memadamkan kebakaran mamu mencegah si jago merah menyebar. Kebakaran itu dinyatakan dikendalikan pada pukul 14.35 waktu setempat (17.35 WIB). (*)