Solok Gelar Diskusi Aktual Pertanian Tingkatkan Mutu Pangan

id Diskusi Aktual Pertanian, Solok, Pangan

Solok Gelar Diskusi Aktual Pertanian Tingkatkan Mutu Pangan

Para Peserta mendengarkan arahan dari Sekda Kab.Solok Aswirman pada kegiatan diskusi aktual pertanian, Kamis (13/7). (ANTARA SUMBAR/Tri Asmaini)

Arosuka, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Solok, Sumatera Barat, menggelar diskusi aktual tentang pertanian untuk meningkatkan mutu pangan.

"Kabupaten Solok mempunyai potensi pertanian yang sangat Bagus sekali. Ini bisa dilihat dari sebagian besar penduduknya bekerja sebagai petani baik petani sawah maupun perkebunan," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Solok, Aswirman di Arosuka, Kamis.

Lanjutnya, tapi masih rendahnya sumber daya manusia (SDM) petani baik dari segi teknologi, menyebabkan belum optimal pengolahan produk yang dihasilkan petani.

Ia menjelaskan pemkab sudah mulai membangun di bidang pertanian tetapi kendalanya, seperti masih rendahnya kualitas pangan, belum optimal aksesibilitas pangan, serta rendahnya produktifitas pangan.

"Hal ini bisa jadi acuan diskusi pada hari ini, narasumber dapat memberikan masukan dan saran bagi kemajuan sektor pertanian di kabupaten ini," ujarnya.

Dalam diskusi ini akan dibahas tentang pencegahan ahli fungsi lahan pertanian, pengembangan kawasan pertanian atau pangan terpadu, dan peningkatan kerja sama dengan perbankan serta lembaga keuangan lainnya.

"Lahan pertanian di kabupaten harus membentuk Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B) untuk menjamin perlindungan lahan pertanian agar tak beralih fungsi," ujarnya.

Harapannya dengan diskusi ini melahirkan suatu kesimpulan untuk dijadikan program di masa yang akan datang dan mendapat dukungan dari semua pihak agar program yang dijalankan dapat berjalan dengan maksimal.

Kabid Ekonomi Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan (Barenlitbang) Bujang Latief mengatakan tujuan diskusi kali ini adalah agar terlaksananya pilar pembangunan Kabupaten Solok khususnya bidang ekonomi kerakyatan.

"Narasumber pada diskusi kali ini adalah prof Helmi dari kampus unand kepala dinas pertanian dan bank nagari Sumbar," ujarnya.

Peserta diskusi terdiri dari camat dan walinagari se -Solok, LKAAM dan kelompok tani serta kepala SKPD di lingku pemerintah kabupaten solok

Harapan dari kegiatan ini adalah menghasikan kesepakatan dan rekomendasi yang baik bagi kab Solok

Acara ini juga dihadiri Sekda Kabupaten Solok Aswirman, Kepala Barenlitbang Kab.Solok Dusra, Dinas Pertanian Propinsi Sumbar, Kepala SKPD Lingkup Pemda, narasumber Prof Helmi (Akademisi), camat beserta walinagari se Kabupaten Solok, kelompok tani se Kabupaten Solok. (*)