TENTANG KAMI | INDEX | REDAKSI | IKLAN | RSS | PETA | KONTAK | KETENTUAN | FORUM | FACEBOOK | Twitter | REGISTER | SIGN IN
Jumat, 28 Juli 2017 - 5 Zulqaidah 1438 H

Dirut Semen Padang Dianugerahi Jasa Bakti Koperasi

Direktur Utama PT Semen Padang Benny Wendry menerima penghargaan Jasa Bhakti Koperasi dari Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga.pada acara puncak Peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke-70 yang yang dihadiri Presiden Joko Widodo, di Makassar, Sulawesi Selatan.
Padang, (Antara Sumbar) Direktur Utama PT Semen Padang Benny Wendry dianugerahi Jasa Bhakti Koperasi oleh Menteri Koperasi dan UKM atas kiprahnya membina dan mengembangkan Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah di Sumatera Barat.

Penghargaan itu diserahkan Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga, pada acara puncak Peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke-70 yang yang dihadiri Presiden Joko Widodo, di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu .

Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah Pemerintah Provinsi Sumbar Zirma Yusri ymengatakan, Benny Wendry menerima penghargaan tersebut karena perannya dalam pembinaan koperasi dan UKM, kemudian juga terkait kekonsistenan PT Semen Padang membina koperasi dan UMKM, dan Koperasi Keluarga Besar Semen Padang juga berkembang dengan baik dan memiliki skala besar di Sumbar.

"Pak Benny juga aktif mendorong mengembangkan koperasi, dan melalui PT Semen Padang beliau selalu menyuarakan pentingnya koperasi dalam pemerataan pembangunan," kata Zirma.

Ia menyampaikan penyerahan penghargaan sebenarnya sudah dilaksanakan pada Selasa, 11 Juli 2017 oleh Menteri Koperasi dan UKM di di Hotel Karebosi, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa, 11 Juli 2017 malam.

Sementara penyerahan pada Rabu, 12 Juli 2017 siang, dilaksanakan secara simbolis kepada para perwakilan oleh Menteri Koperasi dan UKM, dan dihadiri Presiden Joko Widodo di Lapangan Karebosi Makassar.

Kepala Departemen Komunikasi dan Sarana Umum PT Semen Padang Iskandar Z Lubis yang didampingi Kabiro Humas, Nur Anita Rahmawati mengatakan, pengusulan Dirut PT Semen Padang meraih penghargaan bergengsi tingkat nasional berdasarkan Surat Dinas Koperasi, Usaha Mikro Kecil dan Menengah Pemerintah Provinsi Sumatera Barat Nomor 516/62/PKLB/II/2017, tanggal 20 Februari 2017 Perihal Usulan Tanda Kehormatan, dan arahan dari Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumbar.

"Atas dasar itu kami kemudian mengusulkan Dirut Semen Padang menerima tanda penghargaan dimaksud," kata Iskandar.

Dari Sumbar tercatat sebanyak 11 tokoh yang menerima penghargaan pada acara (Harkopnas) ke-70, di antaranya mantan Komisaris PT Semen Padang, Basril Djabar yang menerima penghargaan Satyalencana Wirakarya bersama HAsnul Azhar Ketua KSP Tali Kasih Bukittinggi.

Selain itu Wali Kota Sawahlunto Ali Yusuf dan Bupati Agam Indra Catri meraih Satyalencana Pembangunan Koperasi dan UMKM.

Iskandar menjelaskan dalam tiga tahun terakhir di bawah kepimpinan Benny Wendry, PT Semen Padang telah menunjukkan kepedulian yang tinggi bagi pengembangan UMKM/UKK.

Hal itu dibuktikan dengan terus konsistennya melaksanakan Program Kemitraan. Dengan kepedulian yang tinggi Benny Wendry, berbagai prestasi diraih PT Semen Padang di tingkat lokal dan nasional.

Koperasi Keluarga Besar Semen Padang (KKSP) yang dibina Benny Wendry, dalam tiga tahun terakhir juga banyak mengalami kemajuan-kemajuan. Selain dinobatkan sebagai koperasi yang berprestasi nasional, KKSP juga telah menunjukkan kinerja yang menggembirakan dibuktikan dengan pencapaian Sisa Hasil Usaha (SHU) yang meningkat dalam tiga tahun terakhir.

Sebagai bagian dari program CSR, melalui Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) PT Semen Padang sejak lama memberikan perhatian pada pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)/Usaha Kecil dan Koperasi (UKK) di Sumatra Barat.

Kegiatan pembinaan dan pengembangan UMKM/UKK itu dilakukan PT Semen Padang sejak 1987 dengan mendirikan Bapak Angkat Industri Kecil (BAIK). Program ini jauh sebelum adanya regulasi yang mengatur tentang program CSR di Indonesia.

"Pak Benny berkomitmen menjadikan program CSR/PKBL sebagai competitive advantage bagi PT Semen Padang dan stakeholders engagement, katanya.

Peran ini dilaksanakan melalui PKBL yang merupakan bagian dari program CSR sebagaimana diamanatkanUndang-Undang Nomor 19 Tahun 2003 tentang Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pada Pasal 2 dan Pasal 88, serta Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas pada Pasal 74.

Di bawah kepemimpinan Benny PT Semen Padang mencanangkan bahwa kegiatan CSR bukan hanya sekadar pemenuhan kewajiban perusahaan terhadap Undang-undang dan Peraturan Pemerintah, tapi harus dapat memberi nilai tambah bagi perusahaan dalam menghadapi persaingan industri persemenan yang semakin ketat.

Hal ini telah tertuang dalam goal roadmap CSR PTSP pada tahun 2019 yaitu menjadi perusahaan dengan Pelaksanaan CSR kelas dunia dengan outcome antara lain, CSR sebagai competitive advantage perusahaan dan stakeholder engagement," tambah Iskandar.

Iskandar menambahkan, dasar lain pengusulan penghargaan untuk Benny Wendry antara lain, memiliki komitmen tinggi untuk membantu tumbuh kembangnya UMKM/ UKK di Sumatera Barat, di bawah kepemimpinan Benny Wendry, PT Semen Padang meraih penghargaan tertinggi Indonesian CSR Award’s 2014, yakni 6 platinum dan 4 gold.

Selain itu, PT Semen Padang merupakan perusahaan pelopor pembina Usaha Kecil dan Koperasi di Indonesia, dan PT Semen Padang juga telah membukukan profil UMKM dan UKK yang dibina, sejak tahun 1987, PT Semen Padang telah membina sebanyak 6.466 UMKM/UKK.




Editor : Ikhwan

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Ikhwan Wahyudi
 Padang,  (Antara Sumbar) - Beberapa tahun terakhir publik di Tanah Air  kerap disuguhipemberitaan ...
Baca Juga