Pemkab Harapkan Pengaturan Keuangan Tingkatkan Kinerja DPRD

id Tanah datar, Pengaturan Keuangan, DPRD

Batusangkar, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Datar, Sumatera Barat mengharapkan pengaturan pelaksanaan hak keuangan dan administratif pimpinan dan anggota DPRD setempat dapat meningkatkan kualitas, produktivitas, dan kinerja lembaga legislatif untuk mewujudkan keadilan dan kesejahteraan.

"Pengaturan tentang hak keuangan dan administratif pimpinan dan anggota DPRD untuk meningkatkan peran dan tanggung jawab lembaga legislatif untuk mengembangkan kehidupan demokrasi, dan meningkatkan kinerja, kualitas, dan produktivitas," jelas Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi di Batusangkar, Kamis.

Bupati mengatakan hal itu saat menyampaikan Ranperda tentang pelaksanaan hak keuangan dan administratif pimpinan dan anggota DPRD Tanah Datar dalam sidang paripurna dewan yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Irman dan dihadiri 25 anggota, dan pimpinan organisasi perangkat daerah.

"Penyampaian ranperda ini tindak lanjut dari Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah dan Peraturan Pemerintah Nomor 18 tahun 2017 tentang keuangan dan administratif pimpinan dan anggota DPRD," tambahnya.

Ia mengemukakan beberapa materi yang diatur dalam ranperda ini adalah penghasilan pimpinan dan anggota meliputi uang representasi, tunjangan keluarga, tunjangan beras, uang paket, tunjangan jabatan, tunjangan alat kelengkapan, tunjangan komunikasi intensif, dan tunjangan reses.

Kemudian, tunjangan kesejahteraan pimpinan dan anggota meliputi jaminan kesehatan, jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian, dan pakaian dinas.

Selain tunjangan kesejahteraan, pimpinann DPRD juga memperoleh tunjangan rumah negara dan perlengkapannya, kendaraan dinas jabatan, dan belanja rumah tangga. Sedangkan anggota DPRD memperoleh tunjangan perumahan dan transportasi.

"Dalam ranperda ini juga diatur uang jasa pengabdian pimpinan dan anggota DPRD bila meninggal dunia atau mengakhiri masa baktinya," kata Bupati.

Sementara Wakil Ketua DPRD Tanah Datar, Irman menyampaikan pembahasan ranperda ini akan segera dilakukan oleh Pansus DPRD dan pimpinan organisasi perangkat daerah.

"Kita berharap pembahasan ranperda ini berjalan lancar dan memperoleh hasil maksimal sehingga dapat memberikan manfaat secara signifikan bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat," lanjutnya. (*)