Hati-hati Melintas di Daerah Rawan, Sumbar Berpotensi Hujan Tiga Hari Mendatang

id hujan

Hati-hati Melintas di Daerah Rawan, Sumbar Berpotensi Hujan Tiga Hari Mendatang

BMKG Ketaping Padangpariaman pada Rabu (12/7) memprakirakan hujan berpotensi turun tiga hari mendatang. (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) berpotensi diguyur hujan dari sore hingga dini hari tiga hari ke depan.

"Secara umum kondisi cuaca Sumbar cenderung cerah berawan pada pagi hingga menjelang sore hari, namun malam hingga dini hari berpotensi hujan," kata Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Ketaping Padangpariaman, Budi Samiadji saat dikonfirmasi dari Padang, Rabu.

Ia mengatakan meskipun saat ini kondisi cuaca Sumbar dominan cerah, potensi hujan masih terdapat di sebagian besar wilayah provinsi ini.

Potensi hujan tersebut, sebutnya terdapat di Kepulauan Mentawai, Payakumbuh, Limapuluh Kota, Sawahlunto, Pasaman Barat, Agam, Padangpariaman, Padang, dan Payakumbuh.

Selanjutnya potensi hujan dapat meluas ke Pesisir Selatan, Solok Selatan, Bukittinggi, Tanah Datar dan Kota Solok dengan intensitas hujan ringan hingga sedang dari sore hingga malam hari.

"Potensi hujan tersebut dapat disertai kilat dan petir," ujarnya.

Kemudian untuk suhu udara, sebutnya pada cuaca cerah dapat mencapai 31 derajat celsius dan 24 derajat celsius saat hujan.

Ia juga mengimbau masyarakat yang hendak keluar agar berhati-hati ketika melintas di daerah rawan longsor dan banjir terutama saat hujan.

"Sebaiknya bagi pengendara sepeda motor siap sedia jas hujan," ujarnya.

Pihaknya akan memperbaharui informasi jika ada perubahan dinamika atmosfer. (*)