Pemkab Solok Dukung Bakti Nagari Membangun Daerah

id Bakti Nagari, Solok

Arosuka, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Solok, Sumatera Barat mendukung bakti nagari untuk membangun daerah yang dilakukan oleh masyarakat Jorong Timbulun Nagari Koto Anau, Kecamatan Lembang Jaya dengan mengikuti gotong royong bersama.

Wakil Bupati Solok Yulfadri Nurdin di Lembang Jaya, Selasa mengatakan dengan diadakan kegiatan ini kembali digalakkan budaya gotong royong yang mana pada saat sekarang ini sudah mulai berangsur hilang.

"Mari kita canangkan kembali kegiatan gotong royong ini dimulai dari diri kita pribadi, masyarakat dan pemerintah," ujarnya.

Ia menyebutkan sekarang pemerintah daerah memberikan dana Rp70 juta untuk pembangunan jalan tembus dari Jorong Timbulun ke Jorong Batu Karak.

"Dalam kegiatan ini mari kita kembangkan apa budidaya taman yang cocok untuk di tanam di Nagari kita ini, kemudian pemerintah sudah menggalakkan budidaya bawang merah," ujarnya.

"Pemkab akan membantu untuk mengatasi masalah listrik dengan menghubungi PLN Persero dan memperbaiki jalan ke Jorong Timbulun (diminta dinas PU untuk mensurvei jalan yang akan diperbaiki)," ujarnya.

Camat Lembang Jaya Riki Cardova, mengatakan program bakti warga nagari daerah membangun daerah (Bawang Muda) merupakan upaya untuk membangkitkan kembali normanorma dan khasanah budaya bangsa Indonesia yang mengedepankan musyawarah dan gotong royong dalam setiap kegiatan.

Kegiatan ini dengan melibatkan seluruh unsur masyarakat forkompincam, pemerintah nagari, KAN, dan BMN serta seluruh lembaga sosial dan masyarakat di kecamatan Lembang Jaya.

Wali Nagari Koto Anau Mukarifin Datuak Rajo Bujang, mengatakan kegiatan gotong royong bersama ini dilaksanakan untuk melaksanakan membuka jalan baru yang bisa tembus ke Jorong Batu Karak dengan dana Rp70 juta.

"Kami berharap kepada pemerintah Kabupaten Solok agar jorong timbulun ini dialirkan arus listrik, yang mana jorong ini belum dialiri arus listri oleh PLN," ujarnya.

Ia juga meminta kepada pemerintah kabupaten Solok untuk dapat memperbaiki jalan menuju jorong timbulun ini. Jorong timbulun ini mempunyai jumlah penduduk kurang lebih 40 kepala keluarga.

Acara ini juga dihadiri oleh Wakil Bupati solok Yulfadri Nurdin, Kabid tibum Satpol PP Vivi Kenada, Camat lembang jaya Riki Cardova, Wali nagari sekecamatan Lembang Jaya, Forkompicam, Ketua KAN, Bundo kanduang sekecamatan Lembang Jaya. (*)