Rabu, 20 September 2017 - 29 Zulhijjah 1438 H

Nasdem: Belum Ada Pendaftar Baru Pilwako Padang

Padang, (Antara Sumbar) - Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai nasional Demokrat (NasDem) Sumatera Barat (Sumbar), Syamsu Rahim menyebutkan belum ada pendaftar baru ke partai itu untuk Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Pilwako) Padang 2018.

"Calon yang mendaftar ke NasDem masih berjumlah lima orang, belum ada yang mendaftar lagi sampai saat ini," kata Syamsu Rahim, di Padang, Selasa.

Ia menyebutkan pendaftaran untuk Pilwako Padang masih dibuka DPW NasDem hingga saat ini.

"Pendaftaran yang ditutup di tingkat DPD pada Minggu (21/5), sementara untuk DPW masih dibuka sampai saat ini. Tidak tertutup kemungkinan akan bertambah," tambahnya.

Lima nama yang telah mendaftar ke NasDem adalah M Ichlas El Qudsi, Alkudri, dan Apris Yaman, Desri Ayunda, dan petahana yang saat ini menjabat sebagai Wakil Wali Kota Padang, Emzalmi.

Syamsu Rahim menyebutkan saat ini para calon tersebut diberikan kesempatan untuk mengenalkan diri kepada masyarakat.

"Nanti masing-masing calon melakukan survey terhadap elektabilitasnya, kemudian hasil survey itu dikonfrontasi dengan survey yang dilakukan oleh partai," terangnya.

Ia menilai masih terdapat peluang besar untuk memenangi Pilwako Padang 2018. Hal itu mengingat tidak ada satupun partai yang bisa mengusulkan calon, sehingga harus berkoalisi dengan partai lain.

"Jadi kami menilai koalisi partai dan pasangan calon akan menentukan untuk Pilwako Padang," jelasnya.

Saat ditanyai tentang kemungkinan berkoalisi, pihaknya terbuka dan tidak harus mengikuti Koalisi Indonesia Hebat (KIH) yang ada di tingkat pusat.

"Berkoalisi untuk tingkat daerah terbuka dengan partai apapun, tidak harus mengikuti koalisi di tingkat pusat," katanya.

Pada bagian Selain Padang, NasDem juga membuka pendaftaran untuk bakal calon wali kota dan wakil wali kota Padang Panjang, Pariaman dan Sawahlunto. (*)


Editor : Joko Nugroho

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Joko Nugroho
         Sawahlunto, kota kecil yang berjarak sekitar 80 kilometer dari Ibu Kota Provinsi Sumatera Barat ...
Baca Juga