PSSI Sumbar Segera Gelar Liga U-17

id PSSI, Liga U-17

Padang, (Antara Sumbar) - Asosiasi Provinsi (Asprov) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) secara resmi akan mulai menggelar kompetisi Liga U-17 pada 23 Juli 2017.

"Jika tidak ada halangan kami akan menggelar Liga U-17 pada 23 Juli 2017, pertandingan ini sejalan dengan diadakan dua turnamen lainnya yakni Liga 3 dan Liga U-15," kata Ketua Panitia kompetisi U-17, Yulius Dede di Padang, Selasa.

Ia menambahkan hingga kini dari 21 klub sepak bola di Sumbar yang terdaftar menjadi anggota, sembilan diantaranya telah mendaftarkan diri untuk mengikuti liga U-17 tersebut.

Kesembilan klub itu yakni, PSP Padang, PSLA Sicincin, Persepar Pariaman, PSKPS pasaman, Taruna Mendir Fc Padang, Persiju Sijunjung, PSBS Batusangkar, dan PSKB Bukittinggi.

"Jumlah klub yang mendaftar belum semuanya mengembalikan berkas sebagai pemenuhan kelengkapan administrasi, karena itu kami masih menunggu hingga hari ini batas terakhir pengembalian berkas tersebut," lanjutnya.

Jika keseluruhan 21 klub mendaftar, pihaknya pada babak pertama akan menggelar turnamen dengan sistem setengah kompetisi, setiap klub akan bertemu satu sama lain hanya satu kali pertemuan.

Ia mengemukakan untuk klub yang lolos akan kembali dibagi dalam grup, total di babak ini ada empat grup. Masing-masing grup diisi lima tim.

Di setiap grup, hanya juara dan runner-up terbaik yang berhak lolos ke babak ketiga. Di babak ini, sistem yang digunakan berubah menjadi sistem gugur.

Di babak ketiga, mereka akan dibagi menjadi dua grup. Juara masing-masing grup di babak ini akan melaju ke semifinal. Kemudian dua pemenang di semifinal bakal mengunci tempat di final.

"Sementara yang kalah akan berebut tempat ketiga," ujarnya.

Namun sistem permainan akan berubah jika klub yang mendaftar lebih sedikit dari perkiraan, pertandingan bisa saja berubah menjadi home-away.

Untuk manager meeting dengan keseluruhan klub kompetisi liga U-17 akan digelar pada 20 Juli 2017 guna menyampaikan peraturan wajib selama berjalannya pertandingan.

Ia menjelaskan pertandingan ini digelar sebagai bentuk tanggung jawab pihaknya kepada PSSI pusat untuk melaporkan hasil tiga kompetisi tersebut, yang nantinya klub yang menang akan maju di tingkat nasional. (*)