Pasaman Barat Meresmikan Kampung KB Daerah Terisolasi

id Kampung KB, Pasaman Barat

Pasaman Barat Meresmikan Kampung KB Daerah Terisolasi

Sekda Pasaman Barat, H. Manus Handri saat meresmiman Kampung KB di Sikabau, Selasa (11/7). (ANTARA SUMBAR/Altas Maulana)

Simpang Ampek, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, meresmikan Kampung Keluarga Berencana di daerah Jorong Sikabau, Nagari Kototinggi, Kecamatan Koto Balingka, Selasa.

Sekretaris Daerah Pasaman Barat Manus Handri, mengatakan penunjukan daerah terisolasi sebagai Kampung KB merupakan bentuk keseriusan pemerintah untuk memajukan daerah itu dan melepaskan dari ketertinggalan.

"Derah terisolasi merupakan daerah dengan angka kemiskinan yang lebih tinggi dibanding kejorongan lain sehingga perlu diperhatikan lebih," katanya usai meresmikan Kampung KB Sikabau.

Ia mengatakan program kampung KB sebagai upaya dari pemeritah untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Untuk itu dicanangkanlah tepat pada daerah sasarannya demi tercapainya kesejahteraan masyarakat dengan kehidupan keluarga yang lebih terencana dan sesuai dengan arah pembangunan.

"Kampung KB bukan program seremonial. Namun, kampung KB adalah upaya yang dapat ditempuh untuk meningkatkan kualitas hidup keluarga dengan menciptakan keluarga kecil yang berkualitas," katanya.

Menurutnya, akan sangat disayangkan jika dalam sebuah keluarga memiliki anak dengan jumlah yang banyak, namun tidak ada perencanaan dan jaminan keberlangsungan hidup yang lebih baik bagi masa depanya.

"Kita cukup miliki keluarga kecil saja, namun masa depannya dapat kita rencanakan dengan baik," sebutnya.

Ia berharap dengan adanya pencanangan Kampung KB, kualitas hidup masyarakat jorong Sikabau mengalami peningkatan yang signifikan.

"Semoga program ini dapat terlaksana dengan baik dan semua fasilitas penunjang seperti sarana dan prasarana kesehatan akan segera dilengkapi dan disempurnakan," ujarnya.

Pihaknya melalui Dinas Perhubungan dan Dinas Perikanan dalam waktu dekat akan membangun dermaga di Jorong Sikabau. Hal itu diupayakan untuk mempercepat akses transportasi ke daerah tersebut melalui Dermaga Air Bangis Kecamatan Sungai Beremas.

"Kita akan buka kembali akses transportasi jalur laut kesini untuk mempermudah transportasi masyarakat," tegasnya.

Pada kesempatan itu, Dinas Pencatatan Sipil juga mengadakan pelayanan kependudukan di Kejorongan Sikabau untuk mempermudah masyarakat setempat yang belum memiliki Akta Kelahiran, Kartu Keluarga dan Kartu Tanda Penduduk.

"Mudah-mudahan dengan adanya Kampung KB di Sikabau akan meningkatkan kesehatan dan ekonomi warga. Terpenting sekali daerah itu lepas dari keterisoliran," katanya. (*)