MTs Lubuk Kilangan Resmi Memulai Kegiatan Belajar

id Semen Padang, MTs Lubuk Kilangan

Padang, (Antara Sumbar) - Madrasah Tsanawiyah Lubuk KilanganPadang, Sumatera Barat resmi memulai kegiatan belajar mengajar perdana, Senin dibawah naungan Yayasan Perguruan Islam Lubuk Kilangan.

"Kehadiran MTs Lubuk kilangan yang didukung oleh PT Semen Padang ini wujud dari visi dan misi perusahaan , yaitu konsen pada semangat triple bottom line yakni, Profit, Planet, dan People dalam menjalankan tanggung jawab sosial perusahaan," kata Direktur Keuangan PT Semen Padang Tri Hartono Rianto di Padang, Senin (10/7) saat pembukaan proses belajar mengajar.

Ia menyebutkan pada tahun ajaran baru ini, MTs Lubuk Kilangan menerima 54 siswa baru dengan jumlah tenaga pengajar sebanyak 13 orang.

Semua siswa tersebut berasal dari keluarga Rumah Tangga Miskin (RTM) yang ada di Lubuk Kilangan dan mendapatkan beasiswa penuh, sehingga orangtua tidak perlu lagi memikirkan biaya masuk dan kebutuhan sekolah seperti seragam sekolah, tas dan sepatu, kata dia.

Ia menyampaikan PT Semen Padang bekerja sama dengan Forum Nagari berpartisipasi penuh mendirikan MTs Lubuk Kilangan dan pemberian beasiswa kepada anak-anak dari keluarga Rumah Tangga Miskin (RTM) Lubuk Kilangan agar bisa mendapatkan pendidikan yang bermutu.

Menurut dia dalam pendirian sekolah ini juga mendapat dukungan dari seluruh forum kelurahan di kecamatan Lubuk Kilangan yang mengalokasikan dana masing-masing sebesar Rp20 juta pada 2017.

"Begitu juga dari Forum Kecamatan Lubuk Kilangan bersedia mengalokasikan dana Rp220 juta, sehingga terkumpul dana sebesar 360 juta untuk mendukung operasional kegiatan belajar mengajar sekolah pada tahun ini," tambahnya.

Sementara Kepala MTs Lubuk Kilangan Zulmaidi menyebutkan sejak Indonesia merdeka di Lubuk Kilangan belum ada sekolah agama yang dirintis menjadi sekolah negeri di Kenagarian Lubuk Kilangan dan berdirinya MTs ini merupakan cita-cita bersama dari tokoh-tokoh masyarakat.

Ketua Yayasan Perguruan Islam Lubuk Kilangan Surya Jufri Bitel pada kesempatan itu mengapresiasi semua pihak yang telah membantu terwujudnya MTs Lubuk Kilangan, mulai dari PT Semen Padang, KAN Lubuk Kilangan, Pemko Padang, Camat, Lurah, Forum Nagari, Dinas Pendidikan, Ormas, OKP, dan Kemenag Kota Padang.

Yayasan bertekad untuk mewujudkan MTs Lubuk Kilangan menghasilkan lulusan yang yang berkualitas dan berintegritas, menghasilkan siswa berprestasi dan memiliki aqidah yang kuat dan bisa melanjutkan ke sekolah negeri, ujar dia.

Sejalan dengan itu Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang, Barlius mengemukakan kepedulian terhadap pendidikan bukan hanya tanggung jawab pemerintah, namun semua pihak baik perusahaan, tokoh masyarakat, serta generasi muda.

"Terwujudnya MTs ini membuktikan bahwa semua pihak di Lubuk Kilangan ini memiliki perhatian serius pada pendidikan," kata dia.

Pada pembukaan proses belajar mengajar tersebut turut hadir Kepala Dinas Pendidikan Padang Barlius, Wakil Ketua KAN Lubuk Kilangan Asri Djis, Kepala UPTD Dinas Pendidikan Lubuk Kilangan Saparman Nur, Ketua Yayasan Perguruan Islam Lubuk Kilangan yang juga anggota DPRD Padang Surya Jufri Bitel, Camat Lubuk Kilangan Lubuk Kilangan Yalmasril. (*)