KONI: Frekuensi Ikuti Pertandingan Kunci Kesuksesan Atlet

id KONI Sumbar, Syaiful

Padang, (Antara Sumbar) - Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumatera Barat Syaiful mengatakan tingginya frekuensi mengikuti pertandingan menjadi kunci kesuksesan atlet dalam meraih prestasi.

"Berbagai kejuaraan dan pertandingan yang digelar akan mengasah kemampuan sekaligus memberikan pengalaman atlet," ujar dia menanggapi pelaksanaan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Sumbar beberapa waktu lalu, di Padang, Senin.

Menurutnya untuk memperbanyak pertandingan atlet memang bukan perkara mudah, sebab bagi pengurus cabang tentu membutuhkan dana yang tidak sedikit.

Terlebih kejuaraan yang diikuti bertaraf nasional dan internasional.

Disamping itu sebut dia, dengan mengikuti banyak kejuaraan tentu atlet butuh latihan untuk menempa kemampuannya hal ini juga berat jika sarana prasarana tidak memadai.

"Meski ada atlet yang sukses dengan konsistensi dan keterbatasan namun jumlahnya sedikit," kata dia.

Menurut Syaiful kejuaraan atau pertandingan yang dihelat oleh instansi atau swasta tertentu akan membantu meringankan beban tersebut.

Ajang seperti Popda, Popnas atau pekan olahraga mahasiswa juga membantu penempaan atlet untuk berkiprah lebih profesional.

Untuk itu dia berharap baik Dinas Pemuda dan Olahraga, perusahaan swasta dan kampus terus konsisten menggelar kejuaraan cabang olahraga.

Dengan begitu katanya, kemampuan atlet semakin terasah.

Senada itu Kepala Dispora Sumbar Priadi Syukur mengatakan banyaknya pertandingan seorang atlet harus dibarengi tekad untuk konsisten.

Menurutnya konsistensi ini akan terlihat dari capaian prestasi sejak muda hingga profesional.

Ajang yang digelar oleh banyak instansi akan mendukung pencapaian konsistensi tersebut. (*)