Tujuh Klub Sepak Bola Sumbar Ikuti Liga 3

id Liga 3, Sumbar, PSSI

Padang, (Antara Sumbar) - Sebanyak tujuh klub sepak bola Sumatera Barat (Sumbar) resmi mendaftarkan diri untuk mengikuti Liga 3 Indonesia yang akan digelar 15 Juli 2017.

"Hingga saat ini yang telah mendaftar untuk kompetisi Liga 3 sebanyak tujuh klub yang terdiri atas tiga anggota baru klub PSSI dan empat lainnya merupakan anggota lama," kata Ketua Panitia kompetisi Liga 3 Indonesia Wilayah Sumbar, Yulius Dede di Padang, Senin.

Ketujuh klub tersebut yakni PS Aroma Taram, Limkos FC, PS Pasaman Barat, Persiju, PSBS Batusangkar, PSKB Bukittinggi, dan PSP Padang.

Menurut Dede, jumlah peserta klub tersebut masih belum angka akhir, karena pihaknya masih menunggu klub lainnya untuk mendaftar hingga Selasa (11/7).

"Jadwal pendaftaran memang sudah ditutup, namun pada tahap pelengkapan administrasi ini kami masih menunggu klub lainnya untuk ikut serta dalam kompetisi ini," tambahnya.

Ia menjelaskan mengenai klub mana saja yang akan menjadi tuan rumah masih belum diputuskan, karena harus menunggu jumlah akhir klub yang mendaftar.

"Sementara yang telah mengajukan diri sebagai tuan rumah saat ini ada tiga klub, yakni PSP Padang, Gasliko Payakumbuh, PSKB Bukittinggi," ujarnya.

Untuk mekanisme pertandingan sementara menganut sistem setengah kompetisi dengan on turnamen.

Artinya, jelasnya nanti ada pembagian klub menjadi delapan dalam dua grup, lalu yang menjadi juara dan runer up akan lanjut ke semifinal.

Namun tidak menutup kemungkinan sistem pertandingan berubah menjadi home-away, karena mengikuti jumlah klub yang berpartisipasi, sebutnya.

Sesuai jadwal, kata dia nantinya pada 12 juli akan diputuskan berapa klub yang lolos dan mengikuti Liga 3 ini.

"Sedangkan untuk 13 Juli kami akan adakan manager meeting untuk membahas persyaratan apa saja yang harus diikuti klub di kompetisi ini," lanjutnya.

Sementara untuk tendangan pembuka kompetisi Liga 3 Indonesia wilayah Sumbar sendiri akan di mulai 15 Juli 2017. (*)