Aceh Tuan Rumah Pekan Ilmiah Remaja Nasional 2017

id Sekolah

Aceh Tuan Rumah Pekan Ilmiah Remaja Nasional 2017

Ilustrasi (Antara)

Banda Aceh, (Antara Sumbar) - Sedikitnya 450 pelajar SMA/SMK dan MA se Indonesia berkumpul di Provinsi Aceh untuk mengikuti Perkemahan Ilmiah Remaja Nasional (PIRN) ke-XVI tahun 2017 yang berlangsung 9-16 Juli 2017.

Kepala Dinas Pendidikan Aceh Laisani kepada wartawan di Banda Aceh, Sabtu menyatakan, kegiatan yang dipusatkan di SMA Negeri Modal Bangsa, Blangbintang, Kabupaten Aceh Besar, itu rencananya akan dibuka oleh Gubernur Aceh Irwandi Yusuf, Minggu (9/7).

Ia mengatakan, PIRN mengusung tema "Dari Aceh untuk Indonesia dengan sub tema Penguatan Peran Iptek Dalam Meningkatkan Nilai Tambah Potensi Daerah Bagi Kemajuan Bangsa".

"Tujuan digelarnya kegiatan ini untuk meningkatkan minat dan kemampuan remaja di bidang ilmu pengetahuan, membimbing remaja melaksanakan penelitian ilmiah yang terkait dengan lingkungan sekitarnya dan meningkatkan kesadaran remaja akan pemanfaatan iptek terhadap pengelolaan dan pemecahan masalah dilingkungan sekitar," ujarnya.

Ia menyebutkan, jumlah peserta, selain 450 pelajar juga diikuti 150 guru se Indonesia, sehingga total peserta 600 orang.

"Dan, dalam kesempatan ini ada sebanyak 500 orang pesertanya dari luar Aceh, menurut rencana kita akan menghadirkan Teuku Wisnu, artis berdarah Aceh yang saat ini berdomisili di Jakarta untuk memandu acara tersebut," sebutnya.

Laisani menerangkan, PIRN diselenggarakan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) sejak tahun 2001 adalah kegiatan pembinaan ilmiah remaja.

"Bentuk kegiatan ilmiah berupa pemberian materi metodologi penelitian, penelitian di lapangan dan penulisan serta presentasi karya tulis ilmiah, mencakup bidang IPA, IPS dan IPT," jelasnya. (*)